Presiden: Tularkan Kerukunan di Indonesia kepada Dunia

(Foto: Kemenag)

Jakarta, MINA – Presiden Joko Widodo mengajak masyarakat untuk menularkan di ke berbagai negara di .

“Kita harus menularkan pengalaman berharga umat Islam Indonesia kepada dunia dalam menjaga kerukunan, persatuan,  perdamaian di bumi Allah SWT,” demikian pesan Presiden sebagaimana dikutip dari rilis Sekretariat Presiden, Kamis (22/03).

Pesan ini Presiden sampaikan saat bersilaturahim dengan peserta Musabaqah Hafalan Alquran dan Hadits Pangeran Sultan bin Abdul Aziz Alu Su’ud tingkat ASEAN dan Pasifik ke-10 di Istana Negara, Jakarta, Kamis, (22 /3). Demikian siaran pers Kemenag yang di kutip MINA, Jumat (23/3).

Selain peserta dan dewan hakim, hadir juga Pangeran Khaled Bin Sulthan Bin Abdul Aziz Alu Su’ud, Duta Besar Kerajaan Arab Saudi Untuk Indonesia Syekh Osama bin Mohammed Abdullah Al Shuaibi, dan para duta besar dan perwakilan negara sahabat.

Ikut mendampingi Presiden, antara lain Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, dan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko.

Menurut Presiden, Indonesia sekarang ini terus menjadi panutan banyak negara dalam mengelola kemajemukan. Indonesia memiliki 714 suku, lebih dari 1.100 bahasa daerah, tetapi bisa tetap rukun dan bersatu.

Pelaksanaan musabaqah sendiri menurut Presiden hendaknya tidak hanya dipandang sebagai acara biasa. Sebab, musabaqah adalah wahana untuk memacu pengembangan tilawah, hafalan, serta pendalaman isi Alquran.

“Sebagai umat muslim kita harus selalu mengingat bahwa Alquran diturunkan kepada kita untuk menjadi pedoman. Pedoman yang harus kita baca, kita pahami, kita hayati, dan kita amalkan dalam kehidupan sehari-hari untuk menempuh jalan yang diridoi Allah, jalan yang penuh cinta damai, saling tolong menolong dan penuh persatuan,” katanya.

Presiden juga mengingatkan kepada seluruh qori/qoriah, hafiz/hafizah, mufasir/mufasirah agar terus mensyiarkan dan mengamalkan ajaran Alquran di luar acara ini.

“Kita semua harus membangun kemanusiaan yang adil yang beradab, tidak membentak anak yatim, peduli pada fakir miskin, cinta saudara-saudara kita sebangsa dan setanah air, serta menyayangi seluruh kehidupan di bumi Allah ini. Supaya seluruh Indonesia, seluruh Asia, dan seluruh dunia benar-benar melihat dan merasakan Islam sebagai agama yang rahmatan lil alamin,” ujarnya.

Di akhir sambutannya, Presiden mengatakan agar setiap acara musabaqah Alquran dan hadits ini dapat terasa jejak dan manfaatnya dalam kehidupan kebangsaan Indonesia. Selain itu, Presiden juga berpesan agar umat Islam tidak mudah terjebak fitnah dan hasutan kebencian. (R/R07/RS1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Septia Eka Putri

Editor: illa

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.