Presiden Turki akan Kunjungi Cina Pertengahan Mei

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. (Foto: World Bulletin)

Ankara, 21 Rajab 1428/19 April 2017 (MINA) – Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan akan mengunjungi Tiongkok pada pertengahan Mei, Wakil Perdana Menteri Tugrul Turkes mengataan Selasa (18/4).

Turkes bertemu Wakil Perdana Menteri Cina Liu Yandong di kantornya di Istana Cankaya di Ankara.

Berbicara kepada media, ia mengatakan kunjungan Liu adalah kunjungan level tertinggi dari Cina ke Turki pada tahun 2017, World Bulletin melaporkan yang dikutip MINA.

“Presiden kami menerima undangan yang mulia Xi (Presiden Cina Xi Jinping]) dan akan mengunjungi Beijing untuk menghadiri KTT The Belt and Road antara 14 Mei dan 15 Mei mendatang,” kata Turkes.

Ia menambahkan bahwa perspektif Turki dan Cina tentang kebangkitan Jalur Sutra yang historis masih tumpang tindih.

Pada 2013, Presiden Xi mengusulkan proyek jalur sutra moderen dengan semboyan ‘One Belt One Road’ untuk meningkatkan hubungan interkonektivitas dan perdagangan di antara negara-negara Asia, Asia Tengah, dan Eropa melalui penghubung maritim dan infrastruktur darat moderen.

Wakil Perdana Menteri Cina Liu juga mengucapkan selamat kepda Turki atas kemenangan kubu Erdogan dalam referendum konstitusi hari Ahad.

“Dua hari yang lalu, sistem presidensial diterima di Turki. Kami menyaksikan perayaan puluhan ribu orang Turki di sepanjang jalan dengan bendera Turki, ketika kami dalam perjalanan dari bandara ke pusat kota,” ujarnya.

“Kami mengucapkan selamat kepada Turki atas nama Republik Rakyat Cina,” kata Liu.

Jutaan pemilih pergi ke tempat-tempat pemungutan suara Ahad untuk memutuskan perubahan konstitusi negara yang hasilnya mengubah Turki dari sistem parlementer menjadi presidensial. (T/R11/P2)

 

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

 

 

=====
Dapatkan berita pilihan dan info khusus terkait dengan Palestina dan Dunia Islam setiap hari. Yuks bergabung di Grup Telegram "Official Broadcast MINA", caranya klik link https://t.me/kbminaofficial, kemudian join. Jangan lupa juga ikuti berita terkini dari MINANEWS di Google News, klik di sini.