Presiden UEA kepada Assad: Saatnya Suriah Kembali ke Arab

Presiden Suriah Bashar al-Assad berkunjung ke Abu Dhabi bertemu dengan Presiden UEA Sheikh Mohamed bin Zayed Al-Nahyan pada Ahad, 19 Maret 2023. (Foto: Twitter)

Abu Dhabi, MINA – Presiden Uni Emirat Arab (UEA) mengatakan kepada timpalannya dari Bashar Al-Assad, sudah waktunya bagi Pemerintah Damaskus untuk diintegrasikan kembali ke wilayah Arab yang lebih luas.

Hal itu disampaikan Sheikh Mohamed bin Zayed Al-Nahyan kepada Assad dalam pertemuan di istana kepresidenan di Abu Dhabi, Ahad (19/3/2023), Arab News melaporkan.

Itu adalah perjalanan Presiden Suriah yang kedua ke UEA dalam beberapa tahun, terjadi setelah kunjungan ke Oman bulan lalu, satu-satunya keterlibatan resminya di negara-negara Arab sejak dimulainya perang Suriah pada 2011.

“Suriah telah terlalu lama absen dari saudara-saudaranya, dan waktunya telah tiba untuk kembali ke mereka dan lingkungan Arabnya,” kata Sheikh Mohamed kepada Assad.

Presiden Emirat menyerukan upaya untuk memfasilitasi repatriasi pengungsi Suriah dan mendukung keterlibatan antara Damaskus dan Ankara, yang sekarang bekerja menuju pemulihan hubungan dengan Assad setelah bertahun-tahun mendukung pemberontak.

“Kami mengadakan pembicaraan konstruktif yang bertujuan untuk mengembangkan hubungan antara kedua negara kami. Diskusi kami juga mengeksplorasi cara meningkatkan kerja sama untuk mempercepat stabilitas dan kemajuan di Suriah dan kawasan,” kata Sheikh Mohammed di Twitter.

Abu Dhabi, yang menormalisasi hubungan dengan pemerintah Assad pada 2018, telah memimpin upaya bantuan setelah gempa 6 Februari yang melanda Turkiye tenggara dan Suriah utara yang menewaskan puluhan ribu orang.

Pengamat mengatakan, momentum diplomatik yang dihasilkan setelah gempa dapat meningkatkan hubungan Pemerintah Suriah dengan negara-negara Timur Tengah, yang sejauh ini menolak normalisasi setelah lebih dari satu dekade perang. (T/RI-1/P2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Rudi Hendrik

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.