Presiden Ukraina Temui Putra Mahkota Arab Saudi

Pangeran Mohammed bin Salman, Putra Mahkota dan Perdana Menteri Arab Saudi, menerima Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy di Riyadh pada hari Selasa. (Foto: dok Aawsat.com)

Riyadh, MINA – Volodomyr Zelensky menemui Putra Mahkota Arab Saudi Pangeran Mohammed bin Salman, meminta Rusia meninggalkan Ukraina.

Rusia dan Ukraina masih terus berlanjut perang, Presiden Ukraina Volodomyr Zelenskyy kembali melakukan road show ke luar negerinya.

Zelenskyy mengunjungi Arab Saudi pada Selasa (27/2), waktu setempat untuk menemui putra mahkota Saudi, demikian Saudi Press Agency melaporkan.

Ia meminta tolong agar Arab Saudi mendorong perdamaian dan pemulangan tawanan perang dari Rusia.

Kunjungan Zelenskyy terjadi saat Putra Mahkota Mohammed bin Salman mencoba menjadi mediator potensial untuk mengakhiri perang Ukraina dan Rusia.

Riyadh masih dekat dengan Rusia dalam kebijakan energi melalui kelompok negara OPEC.

Melalui pesan di media sosial X (dulu twitter), Zelenskyy menyatakan Ukraina terus mengandalkan dukungan aktif Arab Saudi untuk mendorong rencana perdamaian yang disebut sebagai “Formula Perdamaian” guna mengakhiri invasi penuh skala yang memasuki tahun kedua pada akhir pekan sebelumnya.

Zelenskyy telah mengusulkan formula perdamaian 10 poin yang antara lain menginginkan pengusiran semua pasukan Rusia dari Ukraina dan pertanggungjawaban atas kejahatan perang.  (T/R4/P2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: kurnia

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.