Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

PRIA BERSENJATA SERANG BUS MILIK SEKTE SYIAH DI KARACHI, 43 TEWAS

Admin - Kamis, 14 Mei 2015 - 08:28 WIB

Kamis, 14 Mei 2015 - 08:28 WIB

482 Views ㅤ

bus karachi newsvice

Bus di Karachi setelah aksi serangan (newsvice)

Karachi, 25 Rajab 1346/14 Mei 2015 (MINA) – Sedikitnya 43 orang tewas dan lainnya terluka dalam aksi serangan terhadap sebuah bus di kota Karachi, Pakistan, Rabu(13/5).

Menurut informasi media setempat, bus milik sekte Syiah Ismailiyah, menjadi target kelompok bersenjata di persimpangan Safoora C  Howk di bagian timur Karachi, kota terbesar Pakistan, Al-Jazeera melaporkan.

Kepala polisi setempat, Sindh Ghulam Haider Jamali mengatakan, ada enam orang yang menyerang bus, dengan menggunakan tiga sepeda motor.

Menurut kesaksian warga yang melihat dan merekam kejadian tersebut, menunjukkan bahwa para penyerang naik bus dan menembakI tanpa pandang bulu para penumpang di dalam bus.

Baca Juga: Junta Myanmar dan Pemberontak Bertempur, Warga Sipil Jadi Korban

Jamali mengatakan, jenis pelurur ukuran 9 mm telah digunakan oleh para pelaku serangan.

Pamflet di samping tempat kejadian tersebut mengklaim bahwa aksi dilakukan oleh kelompok yang bersekutu dengan kelompok bersenjata Islamic State of Iraq and the Levant (ISIL).

Tulisan pamflet tersebut berisi, Hai prajurit (kafir) ! Kami bersumpah bahwa kami akan membuat Anda dan keluarga Anda menangis darah, dan tidak akan berhenti sampai  negara ini terbebas dari Anda dan mendirikan Syariah”.

Jundullah, kelompok bersenjata Pakistan yang berjanji setia kepada ISIL pada bulan November tahun lalu, juga mengaku bertanggung jawab atas serangan tersebut.

Baca Juga: Sekitar 20.000 Pengungsi Rohingya Tiba di Bangladesh dalam Tiga Bulan Terakhir

Setelah serangan itu, bus dibawa ke Institut Memon Medis dan Rumah Sakit dengan 62 orang masih di dalam bus.

“Ketika bus datang ke rumah sakit, ada beberapa orang yang kepalanya menggantung lemas keluar dari jendela,” kata seorang pegawai rumah sakit, yang tidak mau disebut namanya.

Banyak korban dalam kondisi kritis, kata pejabat rumah sakit Salma Wahid.

“Kondisi mereka serius dan mereka berlumuran darah ketika mereka datang,” kata Wahid, menambahkan,  banyak di antara mererka yang tidak sadar.

Baca Juga: Mahkamah Agung India Tolak Permohonan Hentikan Ekspor Senjata ke Israel

Menteri Besar Sindh Qaim Ali Shah, yang memimpin provinsi itu mengatakan bahwa ia telah memerintahkan polisi senior untuk menyelidiki insiden tersebut.

“Ini serius, saya sangat menyesal karena insiden jahat tersebut sampai terjadi. Siapa pun itu, kita harus mendeteksi pelanggaran dan mengambil tindakan terhadap para pelakunya,” katanya.

Ini adalah serangan kelima terbesar terhadap Muslim dsekte Syiah di Pakistan tahun ini, dengan serangan sebelumnya, termasuk serangan bunuh diri dan pengeboman di masjid Syiah di Rawalpindi, Islamabad, Peshawar dan Shikarpur.

Di Karachi, dengan warga sekitar 20 juta orang, sering terjadi insiden serangan dengan manrgetkan sasaran tertentu atas alasan politik, etnis dan sektarian. Meskipun kekerasan telah menurun sejak operasi militer terhadap penjahat sejak September 2013. (T/nda/P4).

Baca Juga: Bangladesh Beri Penghormatan Terakhir kepada Korban Kerusuhan Juli Lalu

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Rekomendasi untuk Anda

Dunia Islam
Dunia Islam
Internasional
Internasional
Asia
Palestina
MINA Preneur
Palestina