Pria Hindu Kumpulkan Uang Gunakan Video Muslim yang Dibunuh

Rajasthan, MINA – Seorang pria Hindu di India mencoba mengumpulkan uang sumbangan dengan sebuah video pembunuhan terhadap seorang Muslim yang dia buat dan unggah ke media daring.

Polisi mengatakan pada hari Kamis (14/12), dengan video yang menunjukkan dia membunuh seorang Muslim, pria tersebut berusaha menggalang dana kampanye melawan kaum minoritas Muslim di negara itu.

Pekan lalu massa Hindu menghakimi hingga mati seorang Muslim yang dituduh membunuh seekor sapi, hewan yang dianggap sakral oleh mayoritas warga India. Demikian Al Arabiya memberitakannya yang dikutip MINA.

Kelompok pinggiran Hindu juga berkampanye melawan pria Muslim yang menikahi wanita Hindu.

Pria Hindu bernama Shambu Lal Regar telah ditangkap karena dicurigai melakukan pembakaran seorang buruh Muslim di Negara Bagian Rajasthan, bagian barat India.

Baca Juga:  Sedikitnya 30 Rohingya Tewas dalam Konflik Junta vs Militan di Myanmar

Pejabat polisi Anand Shrivastava mengatakan, Regar telah mengunggah video tentang serangan tersebut bersamaan dengan rincian rekening banknya untuk sumbangan bertujuan membiayai kampanye anti-Muslimnya.

Lebih dari 700 orang dari seluruh India menyalurkan 300.000 rupee (4.665 dolar AS) ke rekening tersebut.

“Terdakwa ingin menjadi pahlawan Hindu setelah membunuh seorang pria Muslim, tujuan utamanya adalah mengumpulkan uang setelah melakukan kejahatan kebencian,” kata Shrivastava.

Video Regar menjadi viral di media sosial sebelum pihak berwenang memblokirnya. Penyelidik polisi pun telah membekukan rekening bank tersebut dan melacak para donor.

Sebagai minoritas, Muslim India berjumlah sekitar 172 juta dari 1,32 miliar warga India. (T/RI-1/RS2)

Mi’raj News Agency (MINA)