Pria Kulit Putih AS Tembak Belasan Warga Kulit Hitam

Polisi AS mengamankan perimeter setelah penembakan di supermarket, Sabtu, 14 Mei 2022, di Buffalo, NY. (AP Photo/Joshua Bessex)

New York, MINA – Seorang pria kulit putih AS yang bersenjata telah menembak mati 10 orang dan melukai tiga lainnya – 11 dari 13 korban berkulit hitam – di sebuah supermarket di Buffalo, New York, dalam tindakan “ekstremisme kekerasan yang bermotivasi rasial.”

Setelah pada hari Sabtu (14/5), pria bersenjata berusia 18 tahun itu menyerah kepada polisi. Pihak berwenang akan menyelidiki serangan itu sebagai , Press TV melaporkan.

Pihak berwenang mengatakan, tersangka yang dipersenjatai dengan senapan serbu, datang ke Buffalo dari daerah New York untuk menargetkan toko di komunitas yang didominasi warga kulit hitam.

Sebelas dari 13 orang yang terkena tembakan adalah orang kulit hitam, dan dua orang kulit putih, kata para pejabat.

Dalam konferensi pers, Stephen Belongia, agen khusus yang bertanggung jawab atas Kantor Lapangan Buffalo FBI, mengatakan, FBI juga membantu penyelidikan.

Sheriff County Erie John Garcia menyebut penembakan itu “kejahatan murni” bermotif rasial.

“Itu adalah kejahatan kebencian bermotivasi rasial langsung dari seseorang di luar komunitas kami, di luar kota tetangga yang baik seperti yang dikatakan walikota, datang ke komunitas kami dan mencoba untuk menimbulkan kejahatan itu kepada kami,” kata Garcia.

“Sepuluh orang tewas oleh seorang pria bersenjata yang mengenakan pelindung tubuh dan bersenjatakan senapan bertenaga tinggi, sementara tiga lainnya terluka — dua di antaranya kritis,” lapor harian lokal The Buffalo News, mengutip seorang pejabat polisi di tempat kejadian dan seorang sumber lainnya yang dekat dengan penegak hukum.

Polisi sedang menyelidiki apakah penembak menyiarkan langsung serangannya itu, kata surat kabar itu, seperti yang dituduhkan di media sosial.

“Ini seperti berjalan ke film horor, tetapi semuanya nyata. Ini seperti Armagedon,” kata seorang pejabat polisi kepada surat kabar itu. (T/RI-1/P2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.