PRIMA DMI DKI Sukses Gelar Latihan Kader Masjid Empat Kali Sebulan

Latihan Kader Masjid (LKM) yang digelar Pimpinan Wilayah (PW) PRIMA DMI DKI Jakarta.(Foto: PRIMA DMI)

Jakarta, MINA – Pimpinan Wilayah (PW) Perhimpunan Remaja Masjid Dewan Masjid Indonesia (PRIMA DMI) DKI Jakarta sukses menggelar kegiatan Latihan Kader Masjid (LKM) sebanyak empat kali dalam rentang waktu selama satu bulan.

Direktur Prima Akademi Hanif Syuhada menuturkan, Latihan Kader Masjid (LKM) merupakan program kaderisasi resmi dari Prima DMI yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas kader dalam mengolah dan mengelola kegiatan-kegiatan di masjid.

“Selain itu juga diharapkan agar para kader memiliki kemampuan manajerial, kepemimpinan dan komunikasi yang efektif dalam menjalankan organisasi secara produktif, dinamis, inovatif serta kolaboratif,” kata Hanif dalam keterangan tertulisnya diterima MINA, Selasa (4/6).

LKM digelar dimulai pada Rabu, 1 Mei 2024 di Masjid Raya Al-Ittihaad Jakarta Selatan, Kamis 8 Mei 2024 di Masjid Al-Amanah Nurani Bangsa Jakarta Utara, Kamis 18 Mei 2024 di Masjid jami’ Al-Anwar Jakarta Barat sampai yang terakhir pada  Ahad, 2 Juni 2024 di Masjid Jami YARSI Jakarta Pusat.

Kegiatan LKM berlangsung selama seharian penuh ini berisi materi tentang kemasjidan, keorganisasian dan keterampilan.

Dengan menggunakan pendekatan metode andragogi, para peserta tidak hanya duduk mendengarkan materi, namun mereka juga secara antusias mengikuti tahapan materi berupa diskusi kelompok, presentasi, tanya jawab, pertanyaan quiz melalui aplikasi kahoot, juga simulasi dan praktik dalam membuat program dengan analisis SWOT.

Ketua Prima DMI DKI Jakarta, Ahmad Farhan mengatakan, pemuda dan remaja adalah masa depan masjid. Begitupula Kader PRIMA DMI dan remaja masjid merupakan generasi pelanjut pengurus DMI maupun pengurus DKM.

“Sebab Prima DMI merupakan anak kandungnya DMI dan remaja masjid anak kandungnya DKM. Mereka harus dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan yang memadai untuk memastikan keberlanjutan fungsi masjid sebagai pusat kegiatan keagamaan, pendidikan, sosial kemasyarakatan dan persatuan umat,” ujarnya.

Para peserta LKM berasal dari Pengurus PW Prima DMI DKI Jakarta, Pengurus PD Prima DMI se Provinsi DKI Jakarta, Remaja Masjid/Musholla serta Pemuda dan Remaja secara umum yang memiliki kemauan dan kepedulian terhadap harapan generasi muda untuk bisa terlibat aktid di dalam kegiatan-kegiatan yang ada di Masjid.

“Acara ini sangat bermanfaat bagi kami, karena memberikan wawasan baru dan meningkatkan semangat kami dalam mengelola kegiatan di masjid. Selain materi serta metode belajarnya yang menyenangkan, alhamdulillah kami berkesempatan bisa kenal lebih jauh dengan sesama remaja masjid yang lain,” ungkap salah satu peserta, Khairul selaku Ketua Remaja Islam Masjid Yarsi (RIMSI).

Di penghujung kegiatan LKM, panitia memberikan materi Rencana Tindak Lanjut (RTL) serta beberapa tugas kepada para peserta agar segala imu dan pengalaman dalam kegiatan ini bisa langsung diaplikasikan dan sebagai syarat untuk dapat mengikuti jenjang level pengkaderan berikutnya.

Acara ini ditutup penyerahan sertifikat serta foto bareng bersama seluruh peserta sebagai tanda apresiasi atas partisipasi aktif mereka dalam pelatihan.

Farhan menambahkan, pihaknya berkomitmen untuk terus mendukung pengembangan remaja masjid melalui berbagai program dan pelatihan.

InsyaAlah kami akan terus mengadakan kegiatan LKM ini di berbagai titik Masjid sebagaimana tujuan Kami dalam mencetak 1.000 kader Masjid dalam Setahun. Semoga acara ini dapat memberikan dampak positif dan berkelanjutan bagi keberlangsungan kegiatan di Masjid ” tambahnya.[]

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Widi Kusnadi