Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

PRIMA DMI Jakarta Ikuti Temu Karya Lintas Agama DISPORA Jakarta

Rana Setiawan Editor : Rudi Hendrik - Senin, 22 Juli 2024 - 10:47 WIB

Senin, 22 Juli 2024 - 10:47 WIB

19 Views

Perwakilan PRIMA DMI Jakarta bersama H. Saiful Amri, S. Ag selaku Kanwil Kemenag.(Foto: Humas Prima DMI Jakarta)

Sentul, MINA – Perhimpunan Remaja Masjid (PRIMA) Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jakarta ikut berpartisipasi dalam acara Temu Karya Lintas Agama yang diadakan oleh Dinas Pemuda dan Olahraga (DISPORA) Jakarta pada 17-19 Juli 2024 di Sentul, Jawa Barat.

Dalam keterangan tertulis PRIMA DMI Jakarta, Senin (22/7), acara tersebut diikuti 50 orang pemuda perwakilan dari berbagai organisasi dan komunitas agama di Indonesia, termasuk dari enam agama besar di Indonesia.

Acara yang bertujuan untuk mempererat kerukunan dan kerja sama antar umat beragama ini menghadirkan berbagai narasumber ahli dari Kanwil Kemenag DKI Jakarta, Badan Narkotika Nasional (BNN), Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), dan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP). Mereka berbagi pandangan dan pengetahuan mengenai pentingnya kerukunan dan toleransi antar umat beragama.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Jakarta, Andri Yansyah, dalam sambutannya berharap kegiatan ini bisa memberikan warna baru dalam merawat dan memperkokoh kerukunan antar umat beragama di DKI Jakarta.

Baca Juga: Santri Ponpes Al-Fatah Lampung Ukir Prestasi Juara Lomba Dai

“Pemuda harus siap untuk menghadapi ancaman dan mampu menjawab tantangan yang ada. Pemuda merupakan kekuatan moral kontrol sosial dan agen perubahan, sebagai perwujudan dari fungsi peran karakteristik dan kedudukannya yang strategis dalam pembangunan nasional,” pesan Andri.

Selama tiga hari, peserta mengikuti berbagai aktivitas dan diskusi yang interaktif dan konstruktif. Kegiatan ini diharapkan dapat memperkuat hubungan antar komunitas agama serta mempromosikan nilai-nilai toleransi dan kebersamaan.

Ketua Bidang Kolaborasi PRIMA DMI Jakarta, Fadillah Ichsani, menyatakan bahwa partisipasi PRIMA DMI Jakarta dalam acara ini merupakan langkah nyata untuk mendukung upaya kerukunan umat beragama di Indonesia.

“Kami berharap acara seperti ini dapat terus digelar secara rutin sebagai ajang silahturahmi pemuda Jakarta dengan latar belakang agama yang berbeda, sebagai media pertukaran pengalaman, ide dan kreatifitas pemuda, sehingga bisa muncul pemahaman terkait kerukunan antar umat beragama,” ujar Ichsan.

Baca Juga: Dukung Pembangunan Inklusif, Pemuda RI Jalin Hubungan dengan Afrika

Acara Temu Karya Lintas Agama ini berhasil menciptakan suasana yang penuh kebersamaan dan kolaborasi. Peserta dari berbagai agama bisa saling berbagi pengalaman dan pandangan, yang pada akhirnya memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa.

Dengan berakhirnya acara ini, PRIMA DMI Jakarta berharap agar semangat kerukunan dan toleransi yang telah terbangun dapat terus dijaga dan ditingkatkan. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada DISPORA Jakarta atas terselenggaranya acara ini, serta kepada semua narasumber dan peserta yang telah berkontribusi.[]

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Aksi Teatrikal Santri Al-Fatah Cikampek “Stop Genoside”

Rekomendasi untuk Anda

MINA Millenia
Indonesia
Indonesia
MINA Millenia
MINA Millenia
MINA Sport
MINA Health
Asia
Indonesia