PRIMA DMI Siapkan Lembaga Pelatihan ‘Akademi Kader Masjid’

Ketua Umum Pengurus Pusat Perhimpunan Remaja Masjid Dewan Masjid Indonesia (PP PRIMA DMI) Munawar Khalil (tengah) saat menerima audiensi dan silaturahim Pengurus Wilayah (PW) PRIMA DMI Jawa Barat (Jabar) di Gedung DMI Pusat, Jakarta, pada Jumat (24/5/2024).(Foto: PRIMA DMI)

Jakarta, MINA – Ketua Umum Pengurus Pusat Perhimpunan Remaja Masjid Dewan Masjid Indonesia (PP PRIMA DMI) Munawar Khalil mengatakan, pihaknya tengah menyiapkan lembaga pelatihan khusus ‘Akademi Kader Masjid’, yang nantinya diharapkan akan melahirkan dai dan khatib muda yang berbasis masjid.

Dia juga mengharapkan PRIMA DMI dapat hadir di pesantren-pesantren dan rohis sekolah untuk sharing pengalaman manajemen organisasi dan kegiatan-kegiatan kolaborasi dalam memakmurkan masjid.

“Pengurus wilayah kami harapkan dapat mendukung program-program ini. Memberi dampak kepada kita dan masyarakat pada umumnya,” kata Munawar saat menerima audiensi dan silaturahim Pengurus Wilayah (PW) PRIMA DMI Jawa Barat (Jabar) di Gedung DMI Pusat, Jakarta, pada Jumat (24/5).

Baca Juga:  Kelompok HAM: China Hapus Istilah Agama dan Budaya Uighur

Pertemuan tersebut sebagai ajang koordinasi dan konsolidasi ini diterima Ketua Umum PP PRIMA DMI Munawar Khalil bersama sembilan pimpinan pusat lainnya. Sementara delegasi dipimpin Ketum PW PRIMA DMI Jabar Akhil Nawawi bersama empat pengurus lainnya.

Pembahasan mengenai kewajiban organisasi untuk menyelenggarakan Musyawarah Wilayah (Muswil) dan Musyawarah Daerah (Musda), termasuk di Jawa Barat. Arahan disampaikan langsung oleh Ketua Umum PP PRIMA DMI, Munawar Khalil.

“PRIMA DMI sudah selayaknya terbang, menjadi organisasi besar di Indonesia. Pak JK sangat concern untuk melahirkan pengusaha muda. Pengurus harus mempersiapkan infrastruktur PRIMA DMI agar bisa menjalankan program nasional secara terstruktur sesuai dengan jenjang kepengurusan,” kata Munawar.

Baca Juga:  Seminar Ekosistem Islam Holistik Hadirkan Grand Seikh Al-Azhar

Dia juga menyampaikan pesan dari Ketum DMI Jusuf Kalla, bahwa DMI membutuhkan pemuda yang bersemangat untuk memajukan masjid dan peradaban.

Munawar berharap PW PRIMA dapat mewujudkan visi DMI memakmurkan dan dimakmurkan masjid, melalui program entrepreneurship untuk mencetak pengusaha-pengusaha muslim yang berjaya di masa depan.

PRIMA DMI lahir sembilan tahun lalu dengan sebuah spirit agar DMI memiliki badan otonom yang mampu menjadi jembatan dan mempersiapkan kader-kader bagi upaya untuk memakmurkan dan dimakmurkan masjid.

Ketum PW PRIMA DMI Jawa Barat Akil Nawawi, menyampaikan, PW PRIMA DMI Jabar bermaksud ingin audiensi dan silaturahmi dengan PP PRIMA DMI. Kami berupaya membangun infrastruktur PRIMA DMI di Jawa Barat hingga ke tingkat bawah. Ada 27 Kabupaten/Kota di seluruh Jawa Barat.

Baca Juga:  Takhbib, Pengertian dan Hukumnya Menurut Islam

Sekretaris Umum PW PRIMA DMI Jabar Ikmal Anshary mengatakan, pengurus tengah melakukan restrukturisasi dan pembenahan organisasi.

“Kedatangan kami juga menyampaikan dukungan moril PW PRIMA DMI Jawa Barat terhadap kegiatan Mukernas PRIMA DMI,” ujarnya.

Pengurus lainnya memperkenalkan hal yang telah, sedang dan akan dilakukan oleh PW PRIMA DMI Jabar, di mana terdapat 265 kecamatan di seluruh Jabar.

“Kami juga akan menyelenggarakan Musyawarah Kerja Wilayah (Muskewil) PRIMA DMI Jawa Barat,” ujar Akil.[]

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Widi Kusnadi