Produk Halal Masuk Program Strategis Pemulihan Ekonomi IMT-GT

Foto: Kemenag RI

Jakarta, MINA – menjadi salah satu bagian penting dari rancangan program strategis kerja sama , di samping program jangka panjang yang dirumuskan dalam kerja sama Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle ().

Hal itu tercermin dalam pembahasan yang dilaksanakan di sidang pleno 14th Strategic Planning Meeting (SPM) IMT-GT, Jumat (30/4).

“Produk halal telah menjadi bagian penting yang tak terpisahkan dari program kerja sama IMT-GT, termasuk dalam program pemulihan ekonomi akibat pandemi Covid-19 yang dampaknya terasa secara global,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama, Mastuki, seusai mengikuti sidang SPM IMT-GT.

Mastuki menjelaskan, Jaminan Produk Halal (JPH) telah lama menjadi salah satu konsen IMT-GT yang secara khusus di-breakout melalui Working Group on Halal Products and Services (WGHAPAS).

Melalui wadah ini, BPJPH ikut aktif sebagai perwakilan Indonesia yang membidangi Jaminan Produk Halal.

“Ini menegaskan bahwa sertifikasi halal merupakan manifestasi penyelenggaran jaminan produk halal yang telah menjadi salah satu instrumentasi pemenuhan standar yang dibutuhkan dunia dalam berkegiatan ekonomi secara global,” imbuh Kepala Registrasi dan Sertifikasi Halal itu.

Sementara itu, Deputi Kerja Sama Ekonomi Internasional Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI Rizal Affandi Lukman saat memimpin sidang IMT-GT mengatakan, kerja sama tiga negara itu sebagai bentuk respon kolektif terhadap dampak pandemi.

Selain itu, sinergi yang terjalin juga menunjukkan komitmen masing-masing negara dalam menjalankan berbagai program dan kegiatan yang mendukung pencapaian visi IMT-GT Tahun 2036. Visi tersebut adalah menjadikan kawasan IMT-GT sebagai kawasan yang terintegrasi, inovatif, inklusif, dan berkelanjutan di 2036.

IMT-GT juga melibatkan sejumlah mitra potensial dalam melaksanakan kerja sama program-program prioritas yang mendukung pencapaian Visi 2036 tersebut. Di antaranya, Asian Development bank (ADB), The United Nations Economic and Social Commission for Asia and the Pacific (UN-ESCAP), International Council for Local Environmental Initiatives (ICLEI), Islamic Development Bank (IsDB) dan The IGES Centre Collaborating with UNEP on Environmental Technologies (IGES/CCET).

Sidang IMT-GT yang digelar secara virtual itu dihadiri oleh seluruh pejabat senior (SOM) dan pimpinan working-group atau kelompok kerja. Sidang juga dihadiri ratusan peserta yang mewakili seluruh entitas kerja sama dari semua negara anggota. Sebagai perwakilan Indonesia, hadir sejumlah perwakilan dari Kementerian/Lembaga terkait. (R/R5/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Hasanatun Aliyah

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.