Produk Perikanan Indonesia Diminati Pasar Vietnam

Pameran produk perikanan di Vietnam (foto:dok/KBRI Hanoi)

Ho Chi Minh City, MINA – Empat perusahaan Indonesia mengikuti pameran produk perikanan “Vietfish 2019” yang berlangsung di Saigon Exhibition and Convention Center (SECC), Ho Chi Minh City, Vietnam pada 29 – 31 Agustus 2019.

Produk perikanan Indonesia begitu diminati di Vietnam, selama tiga hari pameran, keempat perusahaan berhasil membukukan transaksi sebesar 24,9 juta dolar AS atau senilai Rp. 354 miliar.

Menurut siaran pers KBRI Hanoi pada Senin (2/9), produk perikanan merupakan komoditas ekspor Indonesia ke Vietnam terbesar ke-12. Pada periode Januari – Juni 2019, total nilai ekspor produk perikanan Indonesia ke Vietnam mencapai 55 juta dolar atau naik sekitar 49 persen dari periode yang sama di tahun 2018 sebesar 36,9 juta dolar.

Produk unggulan dari keempat perusahaan yang ditawarkan di “Paviliun Indonesia” seluas 24 meter persegi antara lain adalah kakap merah, tuna sirip biru, tongkol, cakalang, mackerel, ikan Mahi Mahi, ikan kerapu, ikan kakatua, dan masih banyak lagi.

Di hari kedua pameran Vietfish 2019, KBRI Hanoi bekerjasama dengan Vietnam Association of Seafood Exporters and Producers (VASEP) menyelenggarakan forum bisnis dengan tema “Prospect of Indonesia-Vietnam Fishery Cooperation”.

Forum bisnis yang dihadiri sekitar 80 peserta tersebut bertujuan menjajaki peluang dan memfasilitasi pertemuan serta kontak bisnis antara pelaku usaha perikanan Indonesia dan Vietnam. Pelaksanaan forum ini diharapkan dapat mendorong terjadinya transaksi bisnis.

Selain dari keempat perusahaan Indonesia, forum bisnis juga menghadirkan perwakilan Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, Kementerian Pertanian dan Pembangunan Pedesaan serta VASEP sebagai narasumber.

Partisipasi dalam “Vietfish 2019” dan penyelenggaraan forum bisnis merupakan upaya KBRI Hanoi untuk meningkatkan total nilai perdagangan bilateral Indonesia-Vietnam untuk mencapai 10 miliar dolar pada tahun 2020.

Vietfish 2019” merupakan pameran produk perikanan berskala internasional yang diselenggarakan setiap tahun. Di pelaksanaannya yang ke-21 pada tahun 2019 ini, Vietfish diikuti oleh 15 negara antara lain Korea Selatan, Jepang, Jerman, Indonesia, Singapura, Cina serta Taiwan dan menarik sekitar 16.000 pengunjung. (T/Sj/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)