Produksi Gas Alam Turki Terus Berkembang Walau Nilai Lira Merosot

Ankara, MINA – Industri gas alam Turki tetap berkembang termasuk untuk ekspor dengan harga tinggi walau negara itu sedang menghadapi masalah keuangan dengan menurunnya nilai lira, demikian Valeura Energy operator gas alam Turki dari Kanada.

“Kami menganggap Turki sebagai lingkungan operasi yang stabil dan aman,” demikian CEO perusahaan itu, Sean Guest, seperti dilaporkan Anadolu Agency yang dikutip Mi’raj News Agency (MINA), Sabtu 16/3.

Menurutnya, dalam pertemuan pemegang saham pada kuartal keempat tahun 2018 yang lalu, mayoritas pemegang saham Valeura percaya dengan kemampuan perusahaan untuk merealisasikan target perusahaan walau nilai lira Turki sedang menurun.

Perusahaan dapat tetap mantap dengan dukungan regulator Turki, khususnya regulator dan otoritas harga, BOTAS, dalam menyesuaikan harga gas untuk ekspor ke kawasan Eropa.

“Perusahaan malahan dapat melihat ke arah nilai jangka panjang dari sumber daya gas alam perusahaan di Turki,” tutur Sean Guest.

Guest menambahkan, “Sementara lira Turki merosot tajam pertengahan tahun pada 2018, di Valeura kami telah benar-benar melihat peningkatan 37 persen dalam harga gas realisasi kami pada 2018 sehingga pada kuartal keempat kami menerima lebih dari $ 9 per metrik kaki kubik, dan ini harga tinggi terus berlanjut hingga 2019”.

Valeura memiliki operasi di tiga lokasi sumur dalam di Turki Barat laut.

“Kami terus menemukan tanda-tanda positif ketika melanjutkan melalui program evaluasi kami, dan saya percaya kami melakukan hal yang benar untuk menunjukkan nilai ini,” kata guest.

Guest menjelaskan, di sumur penemuan Yamalik-1, Valeura sedang mempersiapkan pengembangan produksi untuk lebih memahami potensi aliran berbagai zona yang awalnya distimulasi dalam sumur itu.

“Di Inanli-1, kami akan melakukan Diagnostic Fracture Injectivity Test (atau DFIT) sebagai langkah pertama sebelum menyelesaikan program stimulasi dan pengujian lengkap, tambahnya”.

Sementara itu, “Sumur penilaian Devepinar-1 dibor hingga tepat di atas bagian tujuan Kesan dan ada indikasi yang sangat jelas dari gas berlebih di dasar bagian yang baru saja dibor”.

Dalam ringkasannya, guest mengatakan, saat ini adalah waktu yang menyenangkan bagi Valeura. (T/iss/B01/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)