SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Prof. Din Syamsuddin: Kecam Aksi Teror di Moskow

Insaf Muarif Gunawan - Ahad, 24 Maret 2024 - 14:12 WIB

Ahad, 24 Maret 2024 - 14:12 WIB

1 Views

Prof. Din Syamsuddin. (Foto: Isimewa)

Jakarta, MINA – Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Prof. Din Syamsuddin mengecam keras aksi teror yang menewaskan lebih 100 orang dalam sebuah konser di Moskow, Federasi Russia, Jumat (22/3).

“Aksi teror itu adalah tindakan biadab yang tidak dilakukan oleh orang yang berperiketuhanan dan berperikemanusiaan. Makanya, aksi teror itu tidak terkait agama manapun,” ucap Prof. Din, demikian keterangan yang diterima MINA.

Ia mengatakan, jika ada kelompok yang mengklaim bertanggung jawab dan menyebut diri dari kalangan Islamic States, Din Syamsuddin menilai klaim itu bersifat disinformasia atau penyesatan informasi.

Menurut anggota Grup Visi Strategis Russia-Dunia Islam ini, sulit dipahami kalau ada kelompok Islam yang mengancam Russia. Hubungan Federasi Russia dengan Dunia Islam sangat baik, dan Presiden Putin sangat bersimpati kepada Islam dan umat Islam. Bahkan, Federasi Russia merupakan pengamat (observer) Organisasi Kerja sama Islam (OKI) dan memiliki Kedutaan Besar untuk OKI di Jeddah, Saudi Arabia.

Baca Juga: Perlawanan Islam di Irak Siap Serang Israel Jika Invasi Lebanon

Menurut Guru Besar Politik Islam Global FISIP UIN Jakarta ini, hubungan Russia-Dunia Islam sedang mesra, dan Islam berkembang pesat di Russia. Begitu pula, hubungan umat Islam dengan pemeluk Kristen Ortodoks Russia sangat baik, dan dia mengaku pernah mengikuti pertemuan antara sejumlah tokoh Dunia Islam dan Patriach (Petinggi) Gereja Ortodoks Russia di Kazan dalam suasana akrab.

Maka, jika ada kelompok yang mengaku Islam sebagai pelaku aksi teror itu, sebagaimana diberita media massa asing, itu sangat tidak masuk akal. (R/R8/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Mantan Pejabat AS Ungkap Pemerintahan Joe Biden Terlibat Kuat dalam Pembunuhan Warga Gaza

Rekomendasi untuk Anda

Internasional
Internasional
Internasional
Eropa
Eropa
Palestina
Palestina
Khutbah Jumat
Indonesia
MINA Millenia