Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Prof Sudarnoto: JK dan Retno Simbol Mujahid-Mujahidah Perdamaian

Ali Farkhan Tsani - 37 detik yang lalu

37 detik yang lalu

0 Views

Dok MUI

Jakarta, MINA – Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Hubungan Luar Negeri dan Kerjasama Internasional (HLNKI), Prof. Dr. Sudarnoto Abdul Hakim menegaskan, MUI dengan penuh kehormatan menganugerahkan MUI Mujahid dan Mujahidah Awards symbol perdamaian kepada dua tokoh visioner M. Jusuf Kalla dan Retno LP Marsudi.

“Yang mulia dan gagah berani, Jusuf Kalla mendapatkan penghargaan MUI Peace Mujahid Award, Sementara Retno Marsudi, dengan hati yang bersih dan penuh keberanian, dinobatkan sebagai MUI Diplomacy Mujahidah Award, karena perjuangan mereka yang nyata untuk perdamaian dunia,” ujar Sudarnoto di Jakarta, Kamis (3/10).

Acara penghargaan yang dihadiri 250 undangan, termasuk duta besar, pejabat negara, ormas Islam, lembaga zakat, filantropi, relawan, dan aktivis kemanusiaan, dan media massa menjadi bukti nyata komitmen kedua tokoh tersebut dalam memperjuangkan perdamaian dunia serta mendukung teguh kemerdekaan Palestina sebagai simbol perjuangan hak asasi manusia.

“Perjuangan Bapak Jusuf Kalla dan Bu Retno menjadi contoh nyata dari diplomasi Wasathiyatul Islam, sesuai dengan yang diperjuangkan MUI selama ini, ” sambung Sudarnoto.

Baca Juga: Sebanyak 25 WNI Berhasil Dievakuasi dari Lebanon

Ketua Steering Committee MUI Awards tersebut juga menggarisbawahi relevansi kontribusi kedua tokoh dalam menghadapi tantangan global, krisis multidimensional dan genosida yang semakin mengkhawatirkan.

“Bapak Jusuf Kalla dan Bu Retno berhasil memberikan dampak besar baik untuk Indonesia maupun komunitas internasional, dengan pendekatan yang inklusif, konstruktif, dan humanis, menghubungkan berbagai negara dan bangsa,” lanjutnya.

Mereka adalah para tokoh yang selalu berbicara tentang perdamaian dan kemanusiaan, yang berjuang mewujudkannya secara nyata, imbuhnya.

Sebagai bangsa yang menjunjung tinggi keadilan dan perdamaian, Indonesia terus menunjukkan kepemimpinan kedua peraih Award MUI tersebut di panggung diplomasi internasional.

Baca Juga: “Dakwah Ekspo V” Kembali Dihelat di UIN Ar-Raniry, Ada Job Fair 2024

Melalui peran aktif Jusuf Kalla dan Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi, Indonesia kerap menjadi penggerak utama dalam mendukung resolusi terkait bantuan kemanusiaan bagi pengungsi Palestina melalui UNRWA (Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB untuk Pengungsi Palestina).

“Indonesia juga memainkan peran penting dalam mengupayakan status Palestina sebagai negara observer di PBB, dan kemudian mendorongnya menuju keanggotaan penuh,” ujarnya.

Dukungan ini mencerminkan komitmen Indonesia terhadap perdamaian dunia dan keadilan bagi Palestina, lanjutnya.

MUI, sebagai organisasi yang memayungi ormas-ormas Islam di Indonesia, mendukung penuh langkah-langkah Jusuf Kalla dan Retno Marsudi.

Baca Juga: Aceh Masuk 10 Besar Kuantitas Dokter Terbaik

Penghargaan Mujahid dan Mujahidah ini bukan hanya pengakuan simbolis, tetapi juga bukti nyata bahwa diplomasi yang dibangun oleh Jusuf Kalla dan Retno Marsudi berlandaskan pada prinsip keadilan dan kemanusiaan, sebagaimana yang diamanatkan dalam UUD 1945. []

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: JK dan Menlu Retno Raih MUI Mujahid-Mujahidah Awards

Rekomendasi untuk Anda

Amerika
Indonesia
Dunia Islam
Indonesia
Kolom
Indonesia
Internasional
Indonesia
Internasional