Profil Singkat Putra-Putri Syaikh Yusuf Al-Qaradhawi

Doha, MINA – Prof. Dr. Syaikh Yusuf Abdullah Al-Qaradhawi, ulama Muslim terkemuka, wafat dalam usia 96 tahun, Senin (26/9).

Al-Qaradhawi merupakan ulama Mesir terkenal di Timur Tengah, kelahiran desa Saft Al-Turab, Mahalla, Mesir pada 9 September 1926.

Pemegang dwikewarganegaraan Mesir dan Qatar itu wafat di Doha, ibu kota Qatar, meninggalkan tiga 3 istri dan 7 anak.

Almarhum meninggalkan 7 anak dari istri pertamanya, Asaad Abdel-Gawad. Kedua istri lainnya: Asmaa Al-Qadah, dan Aisha Al-Maghrabi.

Ketujuh anak-anaknya, adalah: Ilham Yusuf Al-Qaradhawi, Siham Yusuf Al-Qaradhawi, Abd al-Rahman Yusuf al-Qaradhawi, Muhammad Yusuf al-Qaradhawi, Osama Yusuf Al-Qaradhawi, Ola Yusuf al-Qaradhawi dan Asma Yusuf al-Qaradhawi.

Berikut profil singkat ketujuh anak-anaknya, yang terdiri dari 4 putri dan 3 putra :

  1. Ilham Yusuf Al-Qaradhawi, adalah seorang profesor bidang fisika nuklir, lulusan London University. Ilham termasuk pendiri dan presiden perkumpulan ilmiah pertama di Qatar, Qatar Physics Society. Ia aktif dalam mengadakan lokakarya pelatihan untuk guru-guru fisika dan kegiatan lainnya dalam upaya menyebarkan pengetahuan fisika dan meningkatkan pendidikan fisika di Qatar dan Timur Tengah.
  1. Siham Yusuf Al-Qaradhawi, adalah profesor bidang kimia organik di Universitas Qatar. Ia telah menulis lebih dari 55 publikasi di bebragai jurnal internasional dan lebih dari 65 abstrak penelitian pada berbagai konferensi internasional.
  1. Abd al-Rahman Yusuf al-Qaradhawi, berprofesi sebagai penyair dan jurnalis.
  2. Muhammad Yusuf al-Qaradhawi. Berprofesi sebagai Politisi di Qatar.
  3. Osama bin Yusuf al-Qaradawi, adalah seorang politisi berkewarganegaraan Qatar, saat ini adalah Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Negara Qatar untuk Rumania melalui dekrit Emiri tahun 2021.
  4. Ola Yusuf al-Qaradhawi, pernah ditahan beberapa tahun dengan dakwaan keterlibatan dengan organisasi pergerakan Islam yang dilarang pemerintah Mesir.
  5. Asma Yusuf al-Qaradhawi, lulusan salah satu perguruan tinggi di Inggris.
Baca Juga:  Puisi Penyair Gayo untuk Palestina

Syaikh Yusuf Al-Qaradhawi, doktor lulusan Fakultas Ilmu Dasar Agama, Bahasa dan Sastra, Universitas Al-Azhar Mesir, meninggal setelah lama berjuang melawan penyakitnya.

Dalam akun resminya di Twitter mengumumkan berita tersebut, dan admin menyebutkan, “Telah berpulang ke rahmatullah, Imam Yusuf Al-Qaradhawi, yang mengorbankan hidupnya untuk menjelaskan aturan-aturan Islam dan membela bangsanya. Kami memohon kepada Allah untuk mengangkat derajatnya dan bergabung dengannya para Nabi, orang-orang yang benar, para syuhada dan orang-orang shalih. Aamiin”.

Akun Twitter Al-Qaradhawi memiliki lebih dari tiga juta pengikut.

Akun ini menerbitkan berita baru tentang Syaikh, di samping tweet untuk mempromosikan kebajikan dan mencegah kejahatan, dan uraian hadits-hadits shahih. Selain itu juga pendapatnya dalam beberapa masalah yang berkaitan dengan iman, akhlak, sosial, hukum, dan masalah kontemporer, termasuk perjuangan Al-Aqsa.

Baca Juga:  Dukung Wisata Ramah Muslim, LPPOM Fasilitasi Sertifikasi Halal 744 UMK

Almarhum dikenal dengan puluhan buku-bukunya yang telah diterjemahkan ke berbagai bahasa, termasuk bahasa Indonesia, seputar aqidah, akhlak, fiqih, ekonomi, kontemporer dan Al-Aqsa. (T/RS2/R1)

Berbagai sumber.

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.