Program Talenta Wirausaha Dapat Antusiasme Bagi Pelaku UMKM

Jakarta, MINA – PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) mengadakan Program Talenta dan mendapat antusiasme dari masyarakat, khususnya pelaku usaha mikro kecil dan menengah () di Tanah Air.

“Sebanyak lebih dari 5.400 pelaku UMKM siap berkompetisi dalam program inkubator untuk mencetak wirausaha muda Indonesia agar naik kelas,” kata Direktur Retail Banking BSI Kokok Alun Akbar dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (25/5).

Per Mei 2022, Talenta Wirausaha BSI telah mencapai tahap seleksi business proposal. Dari 5.400-an peserta yang mendaftar, lalu diseleksi menjadi 1.000 peserta dan separuhnya telah mengumpulkan business proposal.

Dimana peserta siap bersaing memperebutkan pemenang Talenta Wirausaha BSI 2022 yang akan digelar Juni nanti, serta akses pembiayaan/ partnership dengan BSI.

Kokok Alun Akbar menyampaikan, program Talenta Wirausaha BSI menjadi satu dari banyak program yang dihadirkan perusahaan untuk mendorong UMKM naik kelas.

“Peran Bank Syariah tidak hanya sebagai mitra perbankan yang memberikan pembiayaan saja, melainkan nilai BSI untuk mencetak para muslim preneur sehingga mereka bisa naik kelas, berdaya dan kompeten di bidang wirausaha,” ujarnya.

Dalam program ini, BSI siap memberikan apresiasi pemenang Talenta Wirausaha BSI 2022 senilai lebih dari Rp450 juta. Program Talenta Wirausaha BSI diresmikan oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Menteri Koperasi & UKM Teten Masduki dan Dirut BSI Hery Gunardi pada 19 Januari 2022 lalu di SMESCO Jakarta.

Program ini sebagai inkubator mencetak wirausaha wirausaha muda yang nantinya disiapkan untuk naik kelas. Hal ini menjadi keseriusan BSI untuk membangun UMKM serta muslimpreneur berdaya yang mampu menjadi penggerak ekonomi nasional.

Talenta Wirausaha BSI menyasar wirausaha muda dengan melakukan roadshow ke berbagai kota dan universitas, di antaranya Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Solo, Medan, Semarang, Malang, Makassar, Medan, Aceh dan Lampung. Kota kota tersebut dipilih sebagai sasaran program mengingat potensi UMKM dan animo masyarakat cukup tinggi.

Talenta Wirausaha juga mendapatkan dukungan penuh dari pemerintah, Kementerian BUMN, Kementerian Koperasi & UKM, pemerintah daerah, Himpunan Pengusaha Muslim serta berbagai universitas yang memiliki kesamaan misi untuk melahirkan generasi muda berdaya dan menjadi pencetak lapangan kerja bagi lingkungannya.

Selain itu, BSI ambil peran dalam hal pendampingan wirausaha dan kesiapan pemberian modal usaha sesuai prinsip syariah. Pada tahun ini, BSI dipercaya untuk menyalurkan pembiayaan KUR Syariah sebesar Rp 12,5 triliun.

Sebagai bukti keseriusan BSI mendukung UMKM, tercatat per Maret 2022 lalu pembiayaan segmen mikro BSI mencapai Rp 15,54 triliun, tumbuh 22,42% year on year. (R/R4/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.