Puasa itu Kunci Terkabulnya Doa (Oleh: Shamsi Ali, New York)

Syamsi Ali bertemu dengan Muslim di Slovakia.

Oleh: / Presiden Nusantara Foundation

“Dan jika hamba-hambaKu bertanya kepadaMu tentang AKU, sampaikan bahwa AKU sangat dekat. Saya menerima siapa yang meminta jika meminta kepadaKu. Maka hendaklah mereka memenuhi ajakanKu dan mengimaniKu. Semoga mereka mendapat petunjuk.” (Al-Quran)

Ada satu hal yang menarik ketika Al-Quran menyampaikan tentang . Ayat-ayat tentang puasa ada di Surah Al-Baqarah antara 183-187. Tapi menariknya ada satu ayat yang ditempatkan di antara ayat-ayat itu, selintas nampak tidak ada relevansinya dengan puasa itu sendiri. Ayat itu yang saya kutip di awal tulisan ini.

Pada ayat itu ada dua poin penting yang di sampaikan oleh Allah SWT kepada hamba-hamba-Nya.

Pertama, “Dan jika hamba-hamba Aku bertanya kepadamu tentang Aku, sampaikan kalau Aku dekat.”

Sebuah penekanan kepada Rasul SAW untuk meyakinkan umatnya bahwa Allah itu benar-benar dekat kepada mereka. Tentu penekanan ini sekaligus menandakan perhatian Allah kepada hamba-hambaNya. Perhatian yang menggambarkan kasih sayang (rahmah) Allah SWT.

Pertanyaannya kenapa Kedekatan ini secara khusus diungkapkan di tengah-tengah ayat yang membicarakan puasa? Jawabannya karena memang di sinilah relevansi antara puasa dan kedekatan (al-Qurbah) dengan Allah SWT. Bahwa puasa memang adalah ibadah yang menjadi instrumen terefektif dalam mendekatkan diri kepada Sang Khaliq.

Selain memang puasa adalah ibadah yang paling “personal” antara seorang hamba dan khaliqnya, puasa juga bermakna menekan atau mengesampingkan hawa nafsu duniawi. Dan pengekangan terhadap hawa nafsu inilah yang menjadi kunci taqarrub (kedekatan) dengan Allah.

Hal itu demikian Karen Al-Quran sendiri mengingatkan bahwa kendala terbesar dalam membangun relasi dengan Rabb, dan dalam mengingat-Nya (dzikr) adalah “berlebihan dalam mencintai dunia”.

Berlebihan yang dikenal dalam bahasa Al-Quran sebagai “iitsaar al-hayat ad-dunya”.

Surah Al-A’la menegaskan: “Beruntungkah dia yang mensucikan diri. Dan mengingat Asma Tuhannya dan shalat. Tapi kamu berlebihan dalam hidup dunia. Sedangkan akhirat itu lebih baik bagi kamu.” (Al-Quran)

Kegagalan manusia dalam mengingat Allah dan menegakkan shalat (dalam arti menjaga hubungan) dengan-Nya adalah karena hatinya telah tertutupi oleh kecintaan dunia. Cinta dunia yang berlebihan itu menjadikan hatinya kehilangan sensitifitas keilahian, tumpul dalam zikir.

Ketika hati telah kehilangan sensitifitas Ilahi, tumpul dalam mengingat Allah, maka dengan mudah terjatuh ke dalam dosa-dosa dan kesalahan. Dosa-dosa inilah yang kemudian menjadi “hijaab” kedekatan antara seorang hamba dan Rabb-nya.

Oleh karena substansi puasa adalah menekan hawa nafsu dunia sementara menjadikan puasa sebagai kunci kedekatan dengan Allah SWT (Al-Qurba minallah).

Kedua, konsekwensi langsung dari kedekatan tadi adalah “Aku mengabulkan doa hamba yang meminta.”

Maknanya, ketika sudah terjalin kedekatan antara hamba dan Tuhannya maka doa-doanya akan terkabulkan. Kedekatan itu menjadikan tiada lagi hijab antara dia dan Tuhannya. Sehingga dengan sendirinya doa dan permohonannya mudah dikabulkan.

Memang tidak dapat diingkari bahwa jika seorang hamba berdoa dengan ikhlas dan manis hati, Insya Allah dikabulkan. Allah menjamin hal itu: “Mintalah kepadaKu, niscaya Aku kabulkan.” (Al-Quran)

Yang menjadi masalah kemudian adalah ketika kita berdoa, kerap kali ada ketidakseriusan. Meminta tapi di sisi lain merasa bahwa doa itu hasilnya ditentukan oleh dirinya sendiri.

Atau terkadang pula meminta tapi sekaligus mendikte Allah sesuai dengan keinginannya. Padahal harusnya orang meminta itu tahu diri. Meminta itu bukan memerintah, apalagi memaksa.

Di sinilah Allah mengingatkan: “Maka hendaklah mereka memenuhi ajakan-Ku dan beriman kepada-Ku.”

Memenuhi ajakan Allah untuk meminta dan memenuhi prasyarat permintaan itu. Jika Anda meminta sesuatu dari atasan Anda maka kemungkinan prasyarat untuk dia kabulkan permintaan Anda adalah lakukan tugas dengan baik. Jadilah bawahan yang baik, disiplin, rajin, profesional, komitmen, berkarakter, dan seterusnya.

Demikian pula ajakan Allah sebagai prasyarat terpenuhinya atau terkabulkannya doa. Jadilah hamba yang baik, taat, penuh komitmen dan sungguh-sungguh dalam menjalankan ajaran-Nya. Sebab “bagaimana mungkin doanya dikabulkan jika makanan, minuman, pakaian dan semuanya yang dilakukannya haram.” (Hadist)

Lalu Allah juga mengingatkan: “Dan hendaklah mereka percaya kepada-Ku.” (Al-Quran)

Kerap kali kita berdoa tapi setengah percaya jika Allah menerima doanya. Percayalah Allah itu menyikapi hamba-Nya sesuai prasangka hamba itu. Kalau berprasangka Allah jauh, Allah menjauh. Tapi jika sebaliknya berprasangka Allah itu dekat, Allah lebih mendekat dari yang disangkakan.

Oleh karenanya “trust” atau percaya dengan kekuasaan dan kemaha bijakan Allah dalam memberikan apa yang kita minta adalah prasyarat terkabulkannya doa.

Jangan sampa berdoa tapi bermentalitas Superman. Minta tapi merasa yang menentukan adalah diri sendiri.

Kesimpulannya di bulan puasa ini mari perbanyak doa. Karena di bulan inilah kita ber-mujahadah mendekatkan diri kepada Allah dengan peroses menahan nafsu duniawi kita. Dan dengan kedekatan itu “doa orang yang berpuasa tidak ditolak.” (Hadist). Insya-Allah! (A/R07/RI-1)

Bratislava-Slovakia, 14 Mei 2019

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.