Puluhan Aktivis Belanda Unjuk Rasa Tuntut Akhiri Blokade Gaza

Amsterdam, MINA – Puluhan relawan peduli menggelar aksi di Amsterdam, Belanda, menuntut mengakhiri blokade atas Gaza, yang telah berlangsung sejak 14 tahun lalu.

Mereka meminta agar bahan-bahan pokok seperti bahan bangunan dan lainnya bisa masuk ke Gaza dan bisa didapatkan oleh semua warga di Gaza. Palinfo melaporkan, Rabu (2/9).

Penjajah Israel terus melancarkan agresi hampir setiap hari ke Gaza sementara pejuang Palestina di Gaza meluncurkan balon-balon api ke daerah kekuasaan Israel.

Gaza mengalami krisis parah akibat blokade yang diterapkan oleh Israel, yang mengakibatkan terputusnya suplai listrik dan meningkatnya kasus positif corona karena kekurangan perlengkapan medis dan tidak adanya alat ventilator.

Sebelumnya, dalam serangkaian dialog yang dimediasi oleh Qatar, telah tercapai gencatan senjata antara Hamas dan Israel untuk menghindarkan Gaza dari eskalasi konflik Hamas dengan Israel. Israel telah menghentikan agresinya yang katanya untuk membalas serangan-serangan bom balon pembakar dari Gaza.

Pasca kesepakatan, Israel membuka kembali perlintasan Salom dan mengijinkan masuk bahan bangunan dan bahan bakar ke Gaza, serta mengijinkan para nelayan Gaza untuk kembali melaut sejauh 15 mil laut.

Sementara pihak perlawanan Palestina diminta komitmen untuk menghentikan peluncuran balon-balon api ke sejumlah permukiman Israel di sekitar Gaza. (T/SR/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Widi Kusnadi

Editor: Rudi Hendrik

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.