Puluhan Ekstrimis Yahudi Serbu Kompleks Al-Aqsa

, MINA – Puluhan pemukim ekstrimis Yahudi Israel pada Kamis (15/7) memaksa masuk ke kompleks Masjid Al-Aqsa di Al-Quds Timur yang diduduki, Anadolu Agency melaporkan.

Departemen Wakaf Islam di Kota Al-Quds (Yerusalem) mengatakan dalam sebuah pernyataan, sebanyak 175 ekstrimis Yahudi di bawah perlindungan polisi Israel masuk ke halaman Masjid Al-Aqsa melalui pintu utama.

Biasanya, pemukim ekstrimis Yahudi menyerbu kompleks kiblat pertama bagi umat Islam itu setiap hari di pagi dan sore hari melalui Gerbang Al-Magharabi, di sebelah barat daya masjid.

Polisi Israel mulai mengizinkan serangan pemukim ekstrimis Yahudi ke Al-Aqsa pada tahun 2003, meskipun kecaman berulang kali disampaikan Departemen Wakaf Islam.

Masjid Al-Aqsa adalah situs tersuci ketiga di dunia bagi umat Islam. Orang-orang Yahudi menyebut daerah tersebut sebagai Temple Mount, mengklaim bahwa itu adalah situs dari dua kuil Yahudi di zaman kuno.

Israel menduduki Yerusalem Timur, tempat Al-Aqsa berada, dalam Perang Arab-Israel 1967. Entitas Zionis itu mencaplok seluruh kota pada tahun 1980, sebuah langkah yang tidak pernah diakui oleh komunitas internasional.(T/R1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.