Puluhan Pelaku UMKM di Tegal Ramaikan Kampung Ramadan

Suasana gelaran Kampung Ramadan di Slawi Tegal yang diramaikan puluhan pelaku UMKM.(Foto: Zaenal/MINA)

Tegal, MINA – Puluhan Usaha Mikro Kecil Menengah () Kabupaten Tegal Jawa Tengah, ikut ambil bagian meramaikan Ramadan 2024 yang digelar di Taman Rakyat Slawi Ayu (Trasa).

Kampung Ramadan yang digelar mulai Sabtu (6/4) dan akan berlangsung hingga 16 April 2024 ini dibuka Asisten Administrasi Umum Setda Kabupaten Tegal Abdul Afifudin.

Ada 40 pelaku UMKM yang meramaikannya dan ikut serta pula puluhan komunitas seni berbagai genre.

Usai acara pembukaan Kampung Ramadan 2024 kepada wartawan Asisten Administrasi Umum Setda Kabupaten Tegal Abdul Afifudin mengatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tegal sangat mendukung UMKM di Kabupaten Tegal untuk mampu bersaing di ruang ekonomi digital.

“Saya berharap semua tenan UMKM di sini sudah menggunakan pembayaran nontunai atau transaksi digital, dompet digital dan Qris,” harapnya.

Baca Juga:  Ini Jadwal Keberangkatan dan Kepulangan Jamaah Haji 2024

Afifudin juga menyambut baik diadakannya Kampung Ramadan 2024 ini, dan sudah memberikan ruang kepada pelaku UMKM untuk memasarkan produknya disini.

Sementara itu Kepala Dinas Koperasi, UMKM dan Perdagangan M Rudi Herstyawan menambahkan, pihaknya juga menyambut baik kegiatan Kampung Ramadan 2024 ini.

“Kami akan terus mendorong terutama pelaku UMKM konveksi menjelang dan menyambut Idul Fitri 2024 semakin banyak even-even untuk mempromosikan produknya, sehingga bisa bersaing dengan produk impor,” kata Rudi.

Menurut Rudi, 40 tenan UMKM lokal Kabupaten Tegal yang turut meramaikan even Kampung Ramadan 2024, diantaranya adalah UMKM dengan produk olahan kuliner, konveksi dan fashion.

“Kami sangat mendukung kegiatan ini, disamping kami juga sebagai pembina UMKM juga pengelola Trasa, harapannya Trasa ini menjadi sentra UMKM,” katanya.

Baca Juga:  Senantiasa Beramal Shaleh adalah Mindset orang Beriman

Even Kampung Ramadan 2024 ini digelar hingga tanggal 16 April 2024, harapannya pada momen Idul Fitri banyak pemudik menjadi konsumen di even ini.

Di tempat yang sama, Perwakilan MCC Randy Muris Pratama membeberkan beberapa acara hiburan yang akan berlangsung hingga 16 April 2024 mendatang. Di antaranya adalah santunan kepada anak yatim/piatu.

“Setiap hari di Kampung Ramadan ini akan ada hiburan untuk memeriahkan even ini, diantaranya adalah pentas seni dari Yayasan Seni Tegal, hiburan musik dari musisi lokal dari berbagai genre,” ujarnya.

Randy menambahkan, berbagai komunitas juga akan tampil, termasuk seni hadroh dan qasidah.

“Malam takbiran hingga lebaran pun kami tetap buka, karena ini juga bagian dari permintaan pelaku UMKM,” pungkasnya. (L/B04/R1)

Baca Juga:  Indonesia Jadi Runner-up Piala Uber 2024

 

Mi’raj News Agency (MINA) 

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.