Puluhan Pemukim Yahudi Paksa Masuk Al-Aqsa Peringati Hari Raya

Yerusalem, MINA – Puluhan memaksa masuk ke kompleks Masjid Al-Aqsa Yerusalem Timur pada Senin (3/12) dalam rangka merayakan Hari Raya Hanukkah selama delapan hari, menurut seorang pejabat Palestina.

“Sekitar 80 pemukim menyerbu kompleks itu di bawah perlindungan polisi Israel,” Firas al-Dibs, seorang pejabat Palestina di Otoritas Wakaf Keagamaan Yerusalem (yang mengawasi situs suci Muslim dan Kristen di kota itu) mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Dia mengatakan anggota garis keras dari Knesset (parlemen Israel) Yehuda Glick berada di antara para pemukim yang menyerbu situs tersebut.

Bagi umat Muslim, Al-Aqsa merupakan situs paling suci ketiga di dunia.

Sementara orang Yahudi merujuk daerah itu sebagai “Gunung Bait Suci”, mengklaim bahwa itu adalah tempat berdirinya dua kuil Yahudi di zaman kuno.

Israel menduduki Yerusalem Timur selama Perang Timur Tengah 1967.

Mereka mencaplok seluruh kota pada 1980, mengklaimnya sebagai ibu kota negara Yahudi dalam gerakan yang tidak pernah diakui oleh masyarakat internasional.

Pada akhir 2015, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu telah melarang menteri dan anggota parlemen memasuki kompleks Al-Aqsa dalam upaya untuk menenangkan ketegangan di Tepi Barat yang diduduki Israel, menyusul serangan yang dilakukan berulang kali oleh pemukim Yahudi di situs tersebut.

Namun pada Juni, Netanyahu mencabut larangan tersebut, yang kemudian memungkinkan anggota Knesset (parlemen Israel) untuk mengunjungi kompleks tersebut setiap tiga bulan sekali.(T/RS3/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.