Puluhan Ribu Orang di Turki Turun ke Jalan Untuk Masjid Al-Aqsha

Foto: IHH

 

Jakarta, MINA –  Warga di beberapa kota di dunia hari ini turun ke jalan-jalan untuk menyuarakan dukungan  terhadap Masjid Al-Aqsha yang saat ini berada di bawah pengawasan ketat Israel. Salah satunya, aksi demo di Turki melibatkan setidaknya 10 ribu  jiwa di Beyazit Cami, dekat distrik Fatih, Istanbul, Turki yang dipenuhi dengan yel-yel dan bendera Palestina.

Warga terlihat membawa bendera Palestina dan Masjid Al-Aqsha sambil meneriakkan yel-yel “matilah Israel!” sambil sebagian lainnya meneriakkan dukungan untuk Palestina.

Dilaporkan oleh salah satu peserta aksi kepada MINA, warga melakukan demo sehabis shalat Jumat sebagai jawaban seruan kepedulian dari warga Palestina yang pada hari ini juga melakukan aksi protes secara massal di dekat Masjid Al-Aqsha.

Dalam salah satu orasi demo dikatakan bahwa penderitaan Palestina adalah penderitaan kaum Muslimin di manapun berada.

“Saat ini kita merasakan hal sama dengan yang dirasakan rakyat Palestina,  ketika peluru Israel ditembakkan di atas Masjid al-Aqsha. Mereka tetap melindungi Masjid al-Aqsha,” ujar Bülent Yıldırım, Ketua organisasi kemanusiaan IHH yang ikut dalam aksi hari ini.

Tidak hanya di Turki,  warga juga ikut turun ke jalan-jalan di beberapa kota di Indonesia usai shalat Jumat berjamaah. Ribuan menyuarakan aksi yang sama.

Sebelumnya, salah satu demonstran di Gaza, Jomah An-Najjar mengatakan kepada MINA hari ini, warga Palestina turun ke jalan-jalan untuk mengambil hak mereka yang direnggut oleh Israel. Salah satunya hak atas Masjid suci umat Islam yang kini ditutup dan tidak diperbolehkan shalat di dalamnya.(L/NMT/RE1-P1

 

MI’raj Islamic News Agency (MINA)