Puluhan Ribu Warga Pakistan Turun ke Jalan Protes Penggulingan Khan

Puluhan ribu pendukung Imran Khan, perdana menteri yang digulingkan, memenuhi pusat ibu kota Islamabad, Ahad malam, 10 April 2022. (Video)

Islamabad, MINA – Pencopotan Imran Khan sebagai Perdana Menteri Pakistan telah mendorong para pendukungnya turun ke jalan pada Ahad malam (10/4) sebagai protes, sementara oposisi bersiap untuk mengangkat penggantinya.

Khan dijatuhkan pada Ahad dini hari setelah 174 legislator di Majelis Nasional dengan 342 kursi – beberapa dari partai dan koalisinya – memberikan suara dalam mosi tidak percaya yang digerakkan oleh oposisi untuk menggulingkannya.

Angka itu dua lebih banyak dari mayoritas sederhana yang disyaratkan untuk memenangkan mosi tidak percaya, Al Jazeera melaporkan.

Khan adalah perdana menteri Pakistan pertama yang digulingkan dari jabatannya dengan mosi tidak percaya.

Pada Ahad malam, puluhan ribu pendukung Khan berbaris di kota-kota di seluruh Pakistan, mengibarkan bendera partai besar dan meneriakkan slogan-slogan, setelah berakhirnya puasa Ramadhan hari itu.

Pemuda yang menjadi tulang punggung pendukung Khan, mendominasi kerumunan.

Di kota pelabuhan Laut Arab selatan Karachi, lebih dari 20.000 orang meneriakkan slogan-slogan yang menjanjikan kembalinya Khan ke tampuk kekuasaan.

Di ibu kota Islamabad, lampu-lampu dari ribuan pendukung menerangi langit malam saat Khan melewati kerumunan di atas truk berwarna cerah.

“Belum pernah ada orang banyak yang keluar secara spontan dan dalam jumlah seperti itu dalam sejarah kita,” tulis Khan dalam unggahan di Twitter-nya pada Ahad malam. (T/RI-1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

=====
Ingin mendapatkan update berita pilihan dan info khusus terkait dengan Palestina dan Dunia Islam setiap hari dari Minanews.net. Yuks bergabung di Grup Telegram "Official Broadcast MINA", caranya klik link https://t.me/kbminaofficial, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.