Puluhan Ribu Warga Turki Tuntut Diakhirinya Agresi Zionis terhadap Gaza

Puluhan ribu warga Turki mengikuti aksi solidaritas di Ibu Kotanya, Ankara, Selasa malam (3/4) dalam rangka mendukung rakyat Palestina dan menuntut diakhirinya agresi yang sedang berlangsung terhadap Jalur Gaza selama enam bulan berturut-turut. (Photo: Hamdullah ER/X)

London, MINA – Puluhan ribu mengikuti aksi solidaritas di Ibu Kotanya, Ankara, Selasa malam (3/4) dalam rangka mendukung rakyat Palestina dan menuntut diakhirinya agresi yang sedang berlangsung terhadap Jalur Gaza selama enam bulan berturut-turut.

Menurut media Turki seperti dikutip dari PIC, demonstrasi besar-besaran itu dimulai setelah shalat Tarawih dari Masjid Kocatepe, yang diselenggarakan oleh “Platform Solidaritas Ankara dengan Palestina,” dengan tujuan untuk mengekspresikan penolakan mereka terhadap pembantaian Israel terhadap rakyat Jalur Gaza.

Para pengunjuk rasa mengibarkan bendera Palestina, banyak dari mereka mengenakan keffiyeh, dan meneriakkan slogan-slogan seperti: “Kemerdekaan untuk Palestina,” “From the River to the Sea, Palestine Will Be Free,” dan “Berdagang dengan Israel, pengkhianatan terhadap Palestina.”

Juru bicara Platform Ankara untuk Solidaritas dengan Palestina mengecam kekejaman yang dilakukan oleh tentara pendudukan Israel di dalam dan di sekitar Kompleks Medis Shifa di Kota Gaza, selama agresi mereka terhadap institusi kesehatan terbesar di Jalur Gaza yang terkepung selama 14 hari berturut-turut.

Patut dicatat bahwa Turki telah menyaksikan protes dan demonstrasi untuk mendukung Palestina sejak pecahnya agresi terhadap Gaza pada tanggal 7 Oktober lalu, selain kampanye boikot terhadap produk dan perusahaan yang terkait dengan pendudukan Israel.

Selama 180 hari berturut-turut, pendudukan terus melakukan pembantaian sebagai bagian dari perang genosida yang dilancarkan terhadap masyarakat Jalur Gaza, dengan menargetkan rumah-rumah penduduk serta tim medis dan jurnalis.

Jumlah korban tewas akibat agresi yang sedang berlangsung di Jalur Gaza meningkat menjadi sekitar 33.000 syuhada, dan lebih dari 75.000 orang terluka dengan berbagai luka, selain ribuan orang hilang di bawah reruntuhan seperti yang diungkapkan Kementerian Kesehatan di Gaza. (T/R12/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Habib Hizbullah

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.