Puluhan Ribu Yahudi Gelar Ritual Talmud di Tembok Barat Al-Aqsha

Al-Quds, 18 Rajab 1437/26 April 2016 (MINA) – Puluhan ribu orang Yahudi pada Senin (25/4) menggelar ritual Talmud dan ibadah ala Yahudi di tembok barat Masjid Al-Aqsha (tembok al-Burak atau yang mereka klaim sebagai tembok ratapan), dalam rangka perayaan Hari Raya Paskah Yahudi.

Sejak pagi-pagi buta ribuan orang Yahudi memadati kawasan tembok barat Masjid Al-Aqsha. Mereka langsung menggelar ritual talmud dan ibadah Yahudi di tembok tersebut. Mereka juga menggelar upacara kolam “Kahnah” (Kolam Imam) berkenaan dengan momen Hari Raya Paskah Yahudi.

Ibadah dan ritual ini dipimpin oleh para rabi timur dan barat dalam empat tahap. Dimulai pada pukul setengah sembilah pagi dan berakhir siang. Ibadah dan ritual Yahudi tersebut digelar dengan mendapatkan penjagaan keamanan ketat, demikian laporan Pusat Informasi Palestina (PIP) yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Sejak pagi-pagi buta kawasan tembok barat Masjid Al-Aqsha terjadi mobilisasi. Pihak Israel menempatkan personil dan pasukannya di daerah tersebut dan di Kota Tua di Al-Quds, dan menyediakan perlindungan penuh kepada orang-orang Yahudi untuk menunaikan ibadah dan ritual mereka.

Di daerah Kota Tua juga terjadi kepadatan lalu lintas karena banyaknya bus yang mengangkut orang-orang Yahudi ke kawasan tembok barat Masjid Al-Aqsha.

Sementara itu pasukan Israel mencegah mobil-mobil masuk ke Al-Quds lama meski untuk penghuninya. Hal ini mengakibatkan terjadi pemblokiran ketat terhadap warga Al-Quds dan berdampak pada gerakan pengunjung dan toko-toko.

Suara keras dan teriakan bernada tinggi terdengar dari area tembok barat Masjid al-Aqsha hingga sampai ke dalam masjid, sehingga mengganggu suara adzan dan shalat dzuhur yang dilaksanakan di dalam Masjid Al-Aqsha. (T/R05/P2

)
Mi’raj Islamic News Agency (MINA)