Puncak Musim Panas, Menag Himbau Calon Jamaah Haji Persiapkan Diri

Jakarta, 10 Syawal 1437/15 Juli 2016 (MINA) – Pemerintah dalam hal ini Kementerian Agama RI menghimbau bagi calon jamaah yang akan berangkat tahun ini untuk mempersiapkan diri karena puncak musim panas di Arab Saudi akan terjadi pada pelaksanaan haji nanti.

“Saya berharap para calon haji tahun ini menyiapkan kesehatan lebih baik, karena cuaca di Saudi tahun ini bisa lebih panas dari tahun lalu,” ujar Menteri Agama Saifuddin kepada Mi’raj Islamic News Agency (MINA) saat ditemui di Kantor Thamrin Jakarta, Jumat (15/7).

Ia menganjurkan bagi calon jamaah untuk menjaga kondisi tubuh dan kesehatan. “Sekarang mohon calon jamaah haji kita betul-betul menjaga stamina dan kesehatan, melatih diri. Tentu sejak sekarang menerapkan hidup sehat seperti banyak konsumsi air dan banyak menggerakan badan supaya aktifitas fisik nanti akan diperlukan,” kata .

Pemerintah sendiri juga mengaku sudah siap menghadapi puncak musim panas di Arab Saudi, selain itu menurut Menag, yang paling penting untuk menghadapi cuaca panas adalah kembali kepada si jamaah haji itu sendiri bagaimana menyiapkan dirinya sendiri.

“Tentu kita lebih mempersiapkan diri dengan menyiapkan segala sesuatu tidak hanya obat-obatan dan peralatan, tapi juga kesiapan para petugas. Tapi yang terpenting adalah si calon jamaah haji itu sendiri, bagaimana masing-masing mempersiapkan diri khususnya dalam kesehatan,” ujarnya.

Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama (Kemenag) Abdul Djamil dalam laman resmi Dirjen Haji Kemenag mengatakan, persiapan penyelenggaraan haji 2016 di Arab Saudi selesai. Persiapan hotel dan bus antar jemput dan lainnya siap melayani ribuan jamaah dari Tanah Air.

“Iya, hotel-hotel di Arab ini sudah selesai kita kontrak baik di Mekah dan Madinah. Lalu, transportasi darat antar kota perhajian juga sudah selesai. Kemudian persiapan dalam negeri seperti dokumen dalam proses. Pegawai di Ditjen PHU terus mengawal penyelesaian dokumen haji tak kenal lelah dan waktu” ujar Abdul Djamil di Jakarta, Kamis (14/07/2016).

Abdul juga meminta kepada para jamaah agar bisa menjaga kesehatan mulai saat ini sehingga tidak mengalami hal yang tidak diinginkan.

“Khususnya karena cuaca masih panas, agar di himbau bagi mereka untuk mengantisipasi. Misalnya persiapan bisa dijaga agar mereka tidak mengalami kelelahan dan kemungkinan gangguan kesehatan lainnya di sana. Jadi, persiapan-persiapan menyangkut kesehatan itu perlu dan tentu tak kalah penting di samping itu manasik perlu di latih dan di ulang-ulang,” tutupnya. (L/M09/R05)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.