Pusat Observasi dan Falak Jama’ah Muslimin Hasilkan Kalender 1441 H Universal

Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang, MINA – Lembaga Pusat Observasi dan Falak Jama’ah Muslimin (Hizbullah) mentashihkan kalender Islam 1441 Hijriyah bersifat universal dalam pertemuan di Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang, Banten pada Ahad (3/2).

“Kalender ini berbasis kepada dasar hisab universal. Berlaku untuk seluruh wilayah di mana muslimin berada. Bermarkas di Makkah Al-Muqarramah dan diterjemahkan di dalam tiga bahasa,” kata Sekretaris Umum Pusat Observasi dan Falak Jama’ah Muslimin (Hizbullah) Wahyu Iwa Sumantri kepada MINA.

Ia menjelaskan, pengemasan dalam bahasa Indonesia, Inggris dan Arab dilakukan karena ketiga bahasa tersebut cukup mewakili Indonesia dan media komunikasi internasional.

“Dalam rangka mengenalkan pusat observasi ini kepada dunia internasional, kami sudah melakukan sosialisasi sejak beberapa tahun lalu. Kami sudah bergabung dengan menjadi anggota aktif di ICOP (Proyek Pengamatan Bulan Sabit Islam),” katanya.

ICOP adalah sebuah lembaga hisab dan rukyat berpusat di Yordania yang didedikasikan untuk dunia Islam. Hampir seluruh negara Muslim aktif menjadi anggotanya.

“Ke depan kita akan bersama-sama bergandeng tangan dengan ICOP menyelenggarakan seminar internasional dan upaya menyatukan muslimin. Paling tidak menjadi satu barisan bagi Islam dan muslimin melalui pendekatan kalender Islam bagi seluruh umat Islam,” tambahnya. (L/RI-1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)