Putin kepada Rouhani: Serangan Barat ke Suriah Akan Picu Kekacauan

Presiden Rusia Vladimir Putin (kanan) dan rekan Irannya Hassan Rouhani. (foto Sputnik/Alexey Nikolsky)

Moskow, MINA – Serangan udara oleh Amerika Serikat, Inggris dan Perancis di Suriah Sabtu subuh lalu, akan memprovokasi “kekacauan” dalam hubungan internasional.

Penilaian itu Presiden Rusia Vladimir Putin katakan kepada mitra Iran-nya Hassan Rouhani melalui telepon pada Ahad (15/4), demikian Nahar Net melaporkan.

“Jika tindakan seperti itu, yang dilakukan dengan melanggar Piagam PBB diulangi, itu pasti akan memprovokasi kekacauan dalam hubungan internasional,” kata Putin, sebagaimana sebuah pernyataan dari Kremlin.

Pernyataan tersebut mengatakan, kedua pemimpin “menemukan bahwa tindakan ilegal ini secara serius merusak prospek penyelesaian politik di Suriah.”

Sehari sebelumnya, AS dan sekutu Baratnya melancarkan serangan udara terhadap obyek-obyek tertentu di Suriah, sepekan setelah serangan diduga senjata kimia di kota Douma di sebelah timur ibu kota Damaskus yang dituduh dilakukan pemerintah.

Putin mengecam serangan AS “dengan ketegasan sepenuhnya.” Serangan itu ia gambarkan sebagai tindakan agresi terhadap negara berdaulat yang berada di garis depan “perang melawan terorisme.” (T/RI-1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)