Putin: Rusia Ingin Selesaikan Kebuntuan Nuklir Korea Utara

Presiden Rusia Vladimir Putin (kiri) dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Um (kanan). (Foto: dok. ABCNews.go.com)

Russky Island, MINA – Presiden Rusia Vladimir Putin bertemu dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un. Ia mengatakan, mereka melakukan pembicaraan tentang bagaimana menyelesaikan kebuntuan atas program nuklir Pyongyang.

Berbicara setelah sesi pertama pembicaraan di Pulau Russky di seberang jembatan Vladivostok pada Kamis (25/4), Putin mengatakan, dia dan Kim “bertukar pendapat tentang apa yang harus dilakukan untuk memperbaiki situasi.”

Kim mencatat bahwa mereka telah “membahas cara penyelesaian damai” dan memiliki “pertukaran yang sangat bermanfaat”, demikian Al Jazeera melaporkan.

Putin dan Kim bertemu di Timur Jauh Rusia untuk pertemuan puncak pertama mereka. Pemimpin Korea Utara itu sedang mencari dukungan dalam kebuntuan nuklirnya dengan Amerika Serikat.

Pertemuan pertama berlangsung dua jam, hampir dua kali lebih lama dari yang diagendakan.

“Kami berbicara, tentu saja, tentang situasi di Semenanjung Korea, kami bertukar pandangan tentang bagaimana dan apa yang bisa kami lakukan sehingga ada prospek yang baik untuk perbaikan situasi,” kata Putin pada awal pembicaraan tahap kedua yang melibatkan delegasi yang lebih besar dari masing-masing pihak. (T/RI-1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)