Qatar Charity Indonesia Distribusikan 2.160 Paket Daging Qurban di Aceh

Jakarta, MINA – Organisasi nirlaba Indonesia bekerja sama dengan Kementerian Agama dan Yayasan Zad Indonesia kembali membantu masyarakat Indonesia, khususnya terdampak pandemi Covid-19 dengan mendistribusikan daging di Kabupaten Aceh Besar dan Kota Banda Aceh.

“Kami terus berkomitmen membantu dan meringankan beban masyarakat yang kurang mampu dan terdampak pandemi Covid-19, terlebih di daerah yang memerlukan bantuan qurban ini,” kata Direktur Qatar Charity Indonesia Karam Zeinhom di Jakarta, Kamis (30/7).

Sementara menurut Direktur Zad Indonesia Teguh Purwanto, Idul Adha 1441 Hijriah ini tersebut Qatar Charity Indonesia menggandeng lembaga lokal Zad Indonesia, untuk mendistribusikan 2.160 paket daging qurban dari 30 ekor sapi kepada masyarakat Aceh.

“Tahun ini, Qatar Charity melalui Zad Indonesia mendistribusikan 30 ekor sapi untuk qurban di Indonesia. Berbeda tahun-tahun sebelumnya, kali ini qurban sapi disembelih dan didistribusikan di Aceh Besar dan Banda Aceh,” ujar Teguh.

Teguh menambahkan, para penerima manfaat program qurban 1441 Hijriah ini, terdiri dari anak yatim, anak disabilitas, keluarga fakir, mahasiswa dan guru yang menerima santunan rutin dari Qatar Charity.

 

Kemungkinan Bertambah

Sementara itu, Kordinator Qatar Charity di Aceh, Muhammad Idharsyah menyebutkan, jumlah 30 ekor sapi qurban telah dialokasikan kemungkinan akan bertambah. Hal tersebut mengacu pada pengalaman Qatar Charity cabang Aceh yang mulai menjalankan baktinya pada tahun 2005, dimana masyarakat dan negara Qatar masih memberikan qurbannya di hari raya dan hari tasyriq Idul Adha.

“Walau jumlahnya tidak bisa dipastikan, kemungkinan bertambah itu bisa saja terjadi. Melihat pengalaman tahun-tahun sebelumnya, masyarakat Qatar biasanya terus memberikan qurban hingga hari tasyriq (sampai hari Senin). Karenanya, pengamalan kami sudah sampaikan kepada mitra pengadaan sapi qurban untuk bersiap-siap,” kata Idharsyah.

Proses penyembelihan 30 sapi qurban dan pendistribusian dagingnya dilakukan dalam komplek Pesantren Dar Maryam di Kuta Malaka, Aceh Besar pada Jumat dan Sabtu, 10 & 11 Dzulhijjah atau 31 Juli dan 1 Agustus 2020.

Qatar Charity (QC) merupakan lembaga kemanusiaan non-pemerintah yang berpusat di Doha, Qatar. Sejak didirikan pada 1992, QC sudah membuka cabang di 34 negara, termasuk Indonesia (QCI) dan bermitra dengan 500 lembaga di 70 negara. Di Indonesia, Aceh merupakan satu-satunya cabang resmi QCI. (L/R4/RI-1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)