Qatar Charity Indonesia-Kemenag Perbaharui Kerja Sama Bidang Sosial

Jakarta, MINA – Qatar Charity Indonesia sebagai Lembaga sosial asal Qatar dan Kementerian Agama Republik Indonesia telah menjalin kerja sama di banyak bidang sejak tahun 2006. Tahun ini, kerja sama tersebut kembali diperbarui untuk tiga tahun ke depan.

Direktur Qatar Charity Indonesia Karam Zeinhom menjelaskan Qatar Charity telah berkiprah di Indonesia sejak tahun 2005 lalu sejak (pasca) tsunami Aceh.

“Sebelumnya, pada Rabu (24/6) Qatar Charity dan Kemenag kembali memperbaharui Memorandum Saling Pengertian (MSP) untuk tiga tahun ke depan dalam lima sektor strategis dalam berbagai bidang pembangunan.” kata Karam saat konferensi pers di Jakarta Pusat, Senin (29/6).

Kerja sama ini dengan total nilai sebesar Rp 420 miliar atau sekitar 30 juta USD. Penandatanganan MSP tersebut berlangsung di Kantor Kemenag RI di Jakarta. Qatar Charity diwakili oleh Direktur QC Indonesia, Karam Zeinhom, dan Mudhofir mewakili Kemenag.

Sebelumnya penandatangan tersebut dihadiri Duta Besar Negara Qatar untuk Indonesia, HE Ms Fawziya Edrees Salman Al-Sulaiti dan Menteri Agama RI, Fachrul Razi. Ini adalah kelanjutan kerja sama yang telah berlangsung sejak 2006 sekaligus penandatanganan kerja sama keempat antara Qatar Charity dengan pemerintah Indonesia.

Karam menjelaskan kerja sama ini mencakup 27 kabupaten/kota di 8 provinsi Indonesia. Kerja sama ini mencakup sejumlah sektor strategis bidang pembangunan. Diantaranya pendidikan, sosial budaya, santunan dan social care, di samping program-program tahunan seperti program buka puasa, zakat, dan kurban.

Dalam kesempatan itu Kepala Biro Hukum dan kerjasama Luar Negeri (KLN) Kemenag, M Mudhofir. mewakili Menag mengucapkan terima kasih atas bantuan Qatar Charity kepada masyarakat Indonesia selama ini.

Menurutnya, kerja sama dengan Qatar Charity itu merupakan bentuk kepedulian global dari negara Qatar untuk pembangunan sumber daya manusia dan sumber daya sosial untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals) 2030.

“Tentu patut kita syukuri, karena Kemenag dapat melanjutkan kerja sama dengan Qatar Charity untuk tiga tahun ke depan sebagai wujud kepedulian global pembangunan sumber daya manusia dan sumber daya sosial lainnya untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan (sustainable development) hingga tahun 2030,” kata Mudhofir. (L/R3/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)