Qatar dan Rusia Perkuat Kerjasama Perdagangan

Kerjasama - (Dok Peninsula)

Doha, MINA – Dua produsen terbesar di dunia, Qatar dan Rusia, pada hari Rabu (30/8) mengadakan perjanjian kerjasama untuk meningkatkan perdagangan pada saat menghadapi blokade dari negara-negara tetangga.

Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov membuat komitmen tersebut setelah bertemu di Doha dengan mitranya Sheikh Mohammed bin Abdulrahman Al-Thani, Peninsula mengabarkan yang dikutip MINA.

“Kami berkomitmen untuk memperkuat hubungan perdagangan dan ekonomi,” ujar Lavrov kepada wartawan.

Dia menambahkan bahwa Moskow “sangat mementingkan” untuk kerja sama ekonomi, termasuk bidang energi antara kedua negara.

Rusia dan Qatar adalah dua dari empat negara penghasil gas terbesar di dunia.

Baca Juga:  Dua Polisi Israel Tewas dalam Serangan Drone Hizbullah

Keduanya juga merupakan produsen minyak utama, dan tahun lalu Qatar menghabiskan miliaran dolar AS untuk mengambil saham di perusahaan minyak yang dikendalikan negara Rusia, Rosneft.

Qatar telah beralih untuk memperluas hubungan ekonominya setelah blokade sejak 5 Juni, yang memulai krisis politik terburuk di Teluk dalam beberapa tahun terakhir.

Menghadapi blokade, Sheikh Mohammed mengatakan bahwa hanya ada sedikit perubahan di negaranya.

“Sekarang kami sudah mencapai 90 hari blokade, tapi kami masih dalam posisi yang sama,” katanya.

Sebelumnya, Lavrov telah mengunjungi Kuwait dan UEA sebagai bagian dari tur Timur Tengah, dan meminta semua pihak untuk menemukan solusinya.

 

Dia menekankan, negara-negara yang bersengketa harus bekerja sama dengan mediator regional Kuwait untuk menyelesaikan krisis tersebut.

Baca Juga:  Pengunjuk Rasa Pro Palestina Bersuara di acara Met Gala New York

“Kami yakin bahwa ada kebutuhan untuk mencari solusi dengan mencari pendekatan yang saling menguntungkan melalui dialog,” imbuhnya.

Ini demi kepentingan bersama agar negara-negara di kawasan Teluk menjadi satu dan kuat, lanjutnya, mengacu pada Dewan Kerjasama Teluk yang terdiri dari Bahrain, Kuwait, Oman, Qatar, Arab Saudi dan UEA. (T/RS2/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.