QATAR DESAK PENGUNJUNG BERPAKAIAN SOPAN

cnnqatar

cnnqatarDoha, 30 Rajab 1435/29 Mei 2014 (MINA) –Menjelang bulan , pemerintah mengkampanyekan kepada para wisatawan dalam dan luar negeri untuk berpakaian sesuai peraturan yang telah ditetapkan.

Demi menjaga kesopanan dan menghormati nilai-nilai Islam,  para wisatawan serta warga asing harusn berpakaian sesuai peraturan, yaitu  bagi wanita menutup  seluruh tubuh, kecuali muka dan telapak tangan, bagi pria menutup dada hingga lutut, ” rilis pemerintah Qatar seperti diberitakan On Islam dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Kampanye  bertema “Hormati Diri Anda Sendiri” juga akan diluncurkan secara online,  bagi pengguna Twitter dan Instagram.

“Jika Anda berada di Qatar, berarti Anda adalah salah satu  bagian dari kami. Bantu kami melestarikan budaya dan nilai-nilai yang berlaku di Qatar, silahkan berpakaian sopan di tempat umum,” tulisan di selebaran yang dibagikan sebagai bagian dari kampanye.

Selain itu, selebaran tersebut  disertai gambar desain pakaian yang diperbolehkan dan yang dilarang.

“Kami tidak ingin anak-anak kita meniru budaya luar, kami ingin melestarikan tradisi dan nilai-nilai budaya dalam negeri,” kata juru bicara kampanye Umm Abdullah.

“Para ekspatriat memiliki tempat mereka sendiri dimana mereka tidak harus menutupi tubuhnya, tapi kami memiliki hak untuk pergi ke rumah sakit, pasar,  mal, pantai tanpa melihat hal-hal seperti itu,” tambahnya.

Desain pakaian kampanye tersebut menunjukkan, bahwa bahu hingga lutut harus tertutup. Perempuan tidak diizinkan memakai gaun pendek serta pakaian tanpa lengan.

Celana pendek dan rompi yang menampakkan dada dilarang dipakai pria yang mengunjungi Qatar.

Bagi para pelanggar akan mendapat hukuman dengan denda atau hukuman penjara hingga enam bulan.

Menurut Pasal 57 undang-undang negara, semua warga yang tinggal diQatar harus mentaati ketertiban umum, kesusilaan dan adat istiadat negara sebagai bagian dari kebudayaan. (T/Fauziah/P04)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Comments: 0