Qatar Tawarkan Bantuan Hibah 13,7 Juta Dolar untuk Gaza

Gaza, MINA – Duta Besar Qatar yang juga Ketua Komite Nasional Qatar untuk Rekonstruksi Jalur Gaza Mohammed Al-Emadi pada Senin (7/5) mengumumkan, Negara Qatar memberikan bantuan darurat untuk sektor kesehatan, pendidikan dan perumahan di Jalur Gaza senilai 13,7 juta dolar (50 juta riyal Qatar).

Menurut Emadi dalam sambutannya sebelum meninggalkan Gaza mengatakan kepada wartawan, Qatar akan terus melanjutkan perannya dalam bantuan kemanusiaan dan menyambut bulan suci Ramadhan juga menawarkan tawaran bantuan ke Gaza senilai QR 50 juta.

Emadi menambahkan, hibah ini akan memberikan layanan di bidang pendidikan, kesehatan, perumahan dan kebutuhan kemanusiaan penduduk di Gaza.

“Kami berusaha lebih keras untuk membayar gaji dan kami bekerja untuk mengisi kekurangan gaji saat ini untuk dua lembaga, karyawan Otoritas dan Hamas. Kami mencoba dan mengerahkan lebih banyak upaya di bidang ini,” katanya seperti dilaporkan Safa.

Duta besar Qatar tiba di Jalur Gaza tadi malam pada kunjungan yang diumumkan dan tidak diketahui maksudnya dan juga tidak ada klarifikasi dari komite seperti biasa.

Pada hari Selasa (1/5) lalu, Qatar mengumumkan penandatanganan kontrak $ 5 juta untuk proyek-proyek baru di Jalur Gaza sebagai bagian dari upaya membantu orang-orang Palestina dan membangun kembali Gaza.

Emadi mengunjungi Jalur Gaza secara berkala sebagai kepala Komite Rekonstruksi Nasional Qatar untuk memeriksa proyek-proyeknya dan memantau kemajuan kantornya di Gaza, menurut komite tersebut.

Komite Nasional untuk Rekonstruksi Gaza sedang melaksanakan lusinan proyek penting di sektor ini, sebagai bagian dari hibah $ 407 juta dari Yang Mulia Emir Sheikh Hamad Bin Khalifa Al-Thani untuk rekonstruksi Gaza, di samping hibah lainnya. (T/B05/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Comments: 0