Qatar Telah Bantu Gaza 1,1 Miliar Dolar AS Lebih

Doha, MINA  – Sejak 2012 hingga 2018 Pemerintah Qatar memberikan bantuan dana untuk rakyat Palestina di Jalur Gaza yang diblokade Israel dan untuk Gerakan Hamas, sebanyak lebih dari 1,1 miliar dolar AS, dengan persetujuan Pemerintah Israel.

Menurut laporan Kantor Berita Haaretz, informasi tentang bantuan keuangan dikumpulkan oleh organisasi internasional dan disampaikan kepada kabinet keamanan Israel pada Januari 2019.

Pada 2018, Qatar memberi Hamas 200 juta dolar untuk bantuan kemanusiaan, bahan bakar dan gaji pemerintah, dan berjanji untuk menyediakan ratusan juta dolar lebih untuk Lembaga-lembaga bantuan kemanusian PBB. Demikian dilaporkan Maan, Senin (11/2) dikutip MINA.

Sumber setempat melaporkan, bahwa sekitar 44 persen dari bantuan yang disediakan oleh Qatar selama 2018 diinvestasikan dalam bentuk infrastruktur, sekitar 40 persen digunakan untuk pendidikan dan kesehatan, dan sisanya digunakan untuk mendukung perjuangan Hamas dan kelompok-kelompok gerakan Islam di Gaza.

Qatar juga memberikan 50 juta AS dolar kepada Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB untuk Pengungsi Palestina (UNRWA) dengan persetujuan pemerintah Israel.

Pada Januari 2019, Qatar menandatangani perjanjian akan menyumbang 500 juta dolar AS ke badan PBB UNRWA agar dapat  terus beroperasi di Gaza. Uang ini akan membantu mendanai 180.000 warga Palestina dan mengurangi pengangguran di Gaza.

Dikabarkan Qatar terus meningkatkan bantuannya ke Gaza dan negara-negara Arab lainnya pada 2017, pada puncak krisis diplomatik yang dilancarkan Arab Saudi bersama Uni Emirat Arab dan Mesir, dengan memblokade Qatar. (T/R03/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)