Qatar-Turki Akan Bangun Perumahan di Suriah

Damaskus, MINA – Bulan Sabit Merah Qatar dan Manajemen Bencana dan Darurat Turki (AFAD) Kamis (28/7), menandatangani kesepakatan untuk membangun sebuah kompleks perumahan dengan kapasitas 1.000 rumah di utara Suriah.

Kesepakatan tersebut untuk membangun desa di wilayah Al-Bab  pengungsi Suriah diinsiasi oleh Bulan Sabit Merah Qatar dan Badan Manajemen Bencana dan Darurat Turki (AFAD) di Ibu kota Qatar, Doha, demikian Anadolu Agency.

Masing-masing kepala lembaga kemanusiaan menandatangani kesepakatan yang bernilai USD3,5 juta.

Pembangunan perumahan di Desa Al-Bab ini akan memiliki unit masing-masing berukuran 50 meter persegi. Perumahan yang sedang dibangun akan memiliki masjid, sekolah, pusat kesehatan dan toko-toko.

Kepala Manajemen Bencana dan Darurat Turki (AFAD)mengatakan, bahwa tujuannya adalah untuk meningkatkan kondisi kehidupan bagi pengungsi Suriah yang saat ini tinggal di tenda-tenda.

Ia mencatat “kerja sama hebat” antara Turki dan Qatar sebagai bagian dari upaya kemanusiaan di Suriah, dan Doha juga memainkan peran penting dalam membantu pengungsi Suriah.

Menurut data Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Suriah dilanda perang saudara sejak awal 2011 ketika rezim menindak protes pro-demokrasi. Sejak itu, ratusan ribu orang tewas dan lebih dari 10 juta orang mengungsi. (T/R4/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)