Qur’anic Science Camp 2023, Mencoba Pengalaman Pesantren Saat Liburan

Para siswa mengikuti kegiatan Qur'an Camp di Sekolah Insan Mandiri Cibubur. (Foto: IMC)

Cibubur, MINA – Qur’anic Science Camp 2023 baru-baru ini meriahkan liburan sekolah di SMPIT-SMAIT Insan Mandiri Cibubur Islamic Boarding School.

Qur’anic Science Camp 2023 berlangsung selama tiga hari, mulai dari tanggal 26 hingga 28 Desember 2023, di SMPIT-SMAIT Insan Mandiri Cibubur Islamic Boarding School.

Sebanyak 422 siswa dari berbagai sekolah di Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Jawa Tengah turut serta dalam program ini. Dengan menggabungkan konsep pesantren dan liburan, Qur’anic Science Camp memberikan pengalaman unik kepada peserta dari kelas 3 SD hingga kelas 9 SMP.

Latar belakang dan konsep kegiatan-kegiatan ini diselenggarakan sebagai tanggapan terhadap kebutuhan akan kegiatan produktif saat liburan sekolah.

Baca Juga:  Tanda Haji Mabrur

Acara ini tidak hanya menghadirkan suasana pesantren yang kental, tetapi juga menawarkan nuansa liburan yang menyenangkan. Peserta tidak hanya difokuskan pada program tahfidz Al-Quran, tetapi juga dihadapkan pada berbagai kegiatan menyenangkan. Dalam lingkungan yang kreatif, peserta menikmati games, futsal, renang, permainan tradisional, praktikum science, praktikum matematika, dan kegiatan lainnya.

Salah satu peserta, Muhammad Izzudin Alkaff, siswa dari SD Paradisa Cendekia, menceritakan pengalamannya sebagai peserta Qur’anic Science Camp (QSC).

“Saya sangat senang mengikuti kegiatan ini. Selain belajar Al-Quran, kami juga bisa bersenang-senang dengan berbagai kegiatan menarik. Saya merekomendasikan teman-teman lain untuk bergabung di Qur’anic Science Camp di lain kesempatan,” kata Izzudin.

Baca Juga:  Warga Gaza Gelar Shalat Idul Adha di Tengah Reruntuhan

Dalam penutupan program, panitia memberikan berbagai hadiah kepada peserta dalam berbagai kategori. Pemenang permainan tradisional, pemenang futsal, pemenang kebersihan kamar, dan banyak lagi menerima penghargaan sebagai bentuk apresiasi atas partisipasi aktif mereka.

Momen kebersamaan selama tiga hari di Qur’anic Science Camp diharapkan dapat menjadi kenangan yang tak terlupakan bagi para peserta.

Dukungan Orang Tua dan Sekolah
Acara ini mendapatkan dukungan besar dari orang tua dan sekolah-sekolah peserta, yang melihat manfaat positif dari gabungan kegiatan keagamaan dan rekreasi.

Manajer Humas SMPIT-SMAIT Insan Mandiri Cibubur, Tri Wahyuni, menyatakan kebanggaannya atas kesuksesan acara ini.

“Qur’anic Science Camp bukan hanya tentang tahfidz Al-Quran, tetapi juga tentang memberikan pengalaman positif kepada siswa. Kami berusaha menciptakan suasana pesantren yang berbeda, di mana belajar tidak hanya menjadi kewajiban, tetapi juga kesenangan,” ujar Ibu Yuni.

Baca Juga:  Israel Larang Hewan Kurban Masuk ke Gaza untuk Perayaan Idul Adha 

“Semoga keberhasilan Qur’anic Science Camp 2023 dapat menjadi inspirasi bagi kegiatan serupa di masa mendatang. Dengan membawa konsep yang unik ini, diharapkan peserta tidak hanya mendapatkan pengetahuan agama yang lebih dalam tetapi juga memiliki kenangan indah selama liburan sekolah. Keberhasilan program ini menunjukkan bahwa pendekatan holistik terhadap pendidikan dapat menciptakan pengalaman belajar yang berkesan dan bermanfaat,” ujarnya. (R/R7/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sri astuti

Editor: Ismet Rauf