PERLINTASAN RAFAH HANYA DIBUKA 19 HARI SEJAK AWAL TAHUN INI

(Foto: PIC)
(Foto: PIC)

Gaza, 19 Shafar 1437/1 Desember 2015 (MINA) – Otoritas Perlintasan dan Perbatasan Palestina mengungkapkan, perlintasan Rafah hanya dibuka 19 hari sejak awal tahun. Artinya tahun ini menjadi tahun terburuk dalam hal pengelolaan Perlintasan Rafah.

Dalam laporannya, lembaga itu mengatakan bahwa perlintasan Rafah yang menghubungkan Gaza dengan dunia internasional jarang sekali dibuka. Perlintasan ditutup secara sepihak oleh pemerintah Mesir, menjadikan Gaza seperti penjara raksasa. The Palestinian Information Center (PIC) melaporkan.

Hingga saat ini, perlintasan Rafah ditutup selama 315 hari, sementara selama 102 hari ditutup secara terus menerus. Dengan demikian, perlintasan ini hanya dibuka 19 hari saja, lembaga itu menambahkan.

Jika dibanding dengan tahun kemarin, perlintasan Rafah sempat dibuka selama 123 hari dan ditutup selama 241 . Sementara itu di tahun 2013, perlintasan Rafah dibuka selama 263 hari dan ditutup selama 101 hari.

Lembaga itu mengatakan, perlintasan disebut penjara raksasa, karena ada 25 ribu warga yang sangat membutuh kanpertolongan untuk bisa keluar dan berobat di luar Gaza, selain para mahasiswa dan yang lainya yang memerlukan segera dibukanya perlintasan. (T/P011/R07)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Comments: 0