Raja Salman Anugerahi Trump Medali Kehormatan Tertinggi

mengalungkan medali Collar Abdulaziz Al Saud di leher Presiden Amerika Serikat di Pengadilan Kerajaan di Riyadh, Sabtu, 20 Mei 2017. (Foto: Evan Pucci/AP)

Riyadh, 23 Sya’ban 1438/20 Mei 2017 (MINA) – Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Aziz menganugerahi Presiden Amerika Serikat Donald Trump medali penghargaan sipil tertinggi Kerajaan.

Trump tiba di Riyadh pada Sabtu (20/5), mengawali kunjungan Presiden AS untuk memperkuat hubungan keamanan dan ekonomi dengan Arab Saudi dan negara-negara Teluk.

Raja Salman mengalungkan medali Collar Abdulaziz Al Saud di leher Trump saat berlangsungnya sebuah upacara seremoni di Pengadilan Kerajaan di Riyadh. Demikian Arab News memberitakan yang dikutip MINA.

Tuan rumah acara tersebut menyatakan bahwa Trump dihormati karena upayanya untuk meningkatkan keamanan dan stabilitas di wilayah Timur Tengah dan di seluruh dunia.

Kehormatan semisal pernah pula diberikan kepada Presiden Rusia Vladimir Putin, Perdana Menteri Inggris Theresa May dan Barack Obama.

Saat mendarat di Riyadh, Trump disambut langsung oleh Raja Salman dan pejabat senior Arab Saudi.

Trump yang didampingi oleh istrinya, Melania, bersama rombongannya menerima sambutan karpet merah.

Setelah perjamuan kerajaan, Trump dan Raja Salman mengadakan pembicaraan pribadi dan berpartisipasi dalam sebuah upacara penandatanganan untuk sejumlah kesepakatan AS-Saudi, termasuk sebuah kesepakatan senilai $ 100 miliar yang dilaporkan untuk Arab Saudi membeli senjata Amerika.

Trump dijadwalkan menyampaikan pidato pada hari Ahad yang bertujuan mengumpulkan umat Islam dalam perang melawan terorisme.

KTT Saudi-AS pada hari Sabtu, akan diikuti oleh KTT GCC-AS, Arab Islamic American Summit, dan peresmian Pusat Global untuk Memerangi Ideologi Ekstremis pada hari Ahad. (T/RI-1/B05)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.