Raja Salman Kirim Bantuan untuk Korban Gempa di Turki

Foto: AA

Jeddah, MINA – Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Aziz memerintahkan pengiriman bantuan darurat untuk ribuan orang yang terkena dampak gempa di Kota Izmir, Turki.

Bantuan tersebut akan dikirim melalui Pusat Bantuan Kemanusiaan Raja Salman (KSRelief) sebagai pelaksana penyaluran bantuan kemanusiaan dari Kerajaan Arab Saudi. Demikian dikutip dari Arab News, Sabtu (7/11).

Gempa berkekuatan 6,6 magnitudo itu terjadi pada Jumat (30/10) di Laut Aegean dan gunjangannya terasa hingga Athena dan Istanbul, menyebabkan gedung-gedung roboh, ribuan orang terluka dan 116 meninggal.

Sementara itu dikutip dari Anadolu Agency, Turki telah membentuk komisi yang bertugas menentukan tindakan pencegahan untuk meminimalkan kerusakan dari kemungkinan gempa bumi di masa mendatang.

Komisi Investigasi akan memiliki 22 anggota yang akan bekerja untuk periode tiga bulan setelah ketua, wakil ketua, dan pejabat lainnya terpilih.

Turki adalah salah satu zona paling aktif secara seismik di dunia dan pernah mengalami gempa bumi dahsyat di masa lalu, termasuk gempa Marmara berkekuatan 7,6 SR pada 1999. (T/RE1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)