Raja Yordania Tegaskan Dukungannya untuk Rakyat Palestina

Raja Abdullah II dan Mahmoud Abbas (Ynet)

Ramallah, MINA – Raja Yordania Abdullah II menegaskan dukungannya untuk perjuangan rakyat Palestina dan perlindungan terhadap Masjid Al-Aqsha.

“Kami mengulangi dukungan penuh Yordania terhadap rakyat Palestina dan mereka berusaha untuk mendirikan sebuah negara Palestina yang merdeka dengan Al-Quds sebagai ibu kotanya,” ujarnya saat melakukan pembicaraan dengan Presiden Palestina Mahmoud Abbas di Ramallah, Senin (7/8/2017).

Ia menyebut, negaranya akan terus melindungi kesucian kota Al-Quds melalui kerja sama dengan masyarakat internasional, sumber Petra menyebutkan, yang dikutip MINA.

Raja Abdullah juga menekankan pentingnya melestarikan status quo historis dan legal Al-Quds, serta tidak merusaknya, karena akan berdampak negatif terhadap wilayah tersebut.

Kedua pemimpin tersebut mengadakan pertemuan diikuti dengan pembicaraan lebih luas oleh pejabat senior dari kedua belah pihak.

Raja Abdullah II menekankan pentingnya mempertahankan konsultasi dan koordinasi dan menyelaraskan posisi antara Yordania dan rakyat Palestina untuk menghidupkan kembali proses perdamaian, menemukan solusi yang adil bagi kepentingan Palestina.

Pembicaraan juga menyentuh pentingnya bekerja sama dengan pemerintah Amerika Serikat untuk mendorong proses perdamaian dan mengaktifkan kembali perundingan serius dan efektif antara Palestina dan Israel berdasarkan solusi dua negara.

“Upaya yang intensif diperlukan untuk menghasilkan kemajuan nyata dalam periode mendatang,” kata Raja Abdullah.

Dia juga mencatat komitmen Presiden AS Donald Trump untuk mewujudkan perdamaian antara Palestina dan Israel, yang menekankan pentingnya upaya mengintensifkan prospek politik untuk menyelesaikan konflik Palestina-Israel. (T/RS2/RI-1)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)