Rakyat Palestina Melawan Operasi Penyerbuan Pasukan Israel

Pasukan Israel bentrok dengan pejuang perlawanan Palestina saat operasi penagkapan (Foto: Masdar)

Jenin, MINA – Bentrokan bersenjata meletus, Selasa (17/1) dini hari, antara pejuang Palestina dan pasukan yang menyerbu kamp pengungsi Jenin di Tepi Barat yang diduduki.

Saksi mata melaporkan, para pejuang perlawanan menargetkan kendaraan pendudukan di dekat bundaran Firaun, sebelah barat Jenin, di Tepi Barat yang diduduki.

Bentrokan juga meletus di kota Qobatiya setelah pendudukan menyerbu kota di selatan Jenin itu, dan menggerebek sejumlah rumah warga serta menghancurkan isinya.

Di lokasi berbeda, pasukan pendudukan menangkap seorang pemuda, Osama Hisham Khalouf, setelah menyerbu rumahnya di kota Burqin, selatan kota.

Laporan Masdar News menyebutkan, kota-kota, desa-desa dan kota-kota di Tepi Barat yang diduduki dan Yerusalem menyaksikan keadaan kemarahan rakyat dan ketegangan.

Warga Palestina menolak dan mengecam serangan pasukan pendudukan dan kawanan pemukim terhadap warga dan harta benda mereka, dan kampanye penangkapan berulang kali.

Tahun 2022 menyaksikan peningkatan pelanggaran pasukan pendudukan terhadap warga di Tepi Barat, Yerusalem dan Jalur Gaza, khususnya kota Nablus dan Jenin, yang menjadi sasaran lebih dari satu operasi militer sepanjang tahun.

Selama beberapa bulan terakhir, berbagai formasi militer muncul di kota-kota Tepi Barat yang memimpin konfrontasi dengan pasukan pendudukan, yang paling menonjol adalah kelompok Sarang Singa, yang berbasis di kota tua Nablus, dan Balata, Nablus, Jenin dan batalion lainnya.

Meningkatnya pelanggaran pendudukan dianggap sebagai bentuk pelanggaran hukum internasional yang jelas dan pelanggaran terhadap semua perjanjian internasional terkait konflik Palestina-Israel.

Beberapa negara dan lembaga internasional sebelumnya mengutuk pelanggaran pendudukan, dan beberapa laporan telah mengeluarkan peringatan atas kelanjutannya tanpa tanggapan dari pasukan pendudukan, yang terus melanggar batas darah Palestina.

Berkali-kali, Otoritas Palestina dan faksi-faksi Palestina meminta negara-negara di dunia untuk campur tangan guna mengekang serangan pendudukan terhadap warga Palestina tanpa tindakan nyata dalam hal ini di lapangan sejauh ini. (T/B04/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Zaenal Muttaqin

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.