Ramadhan Menuju Derajat Takwa

Oleh: Ali Farkhan Tsani, Daโ€™i Pesantren Al-Fatah Bogor, Redaktur Senior MINA

Tujuan utama telah tersebut di dalam Surat Al-Baqarah ayat 183, yaitu mengantarkan orang-orang beriman menjadi orang bertakwa. merupakan gelar tertinggi manusia di sisi Allah.

Allah pun menyatakan bahwa hanya amalan orang yang bertakwa sajalah yang diterima di sisi-Nya. Karena itu prasyarat takwa menjadi sangat penting dalam kehidupan sehari-hari.

Allah menyebutkan di dalam ayat-Nya:

ุฅูู†ู‘ูŽู…ูŽุง ูŠูŽุชูŽู‚ูŽุจู‘ูŽู„ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ู…ูู†ูŽ ุงู„ู’ู…ูุชู‘ูŽู‚ููŠู†ูŽ

Artinya : โ€œSesungguhnya Allah hanya menerima dari orang-orang yang bertakwaโ€. (QS Al-Maidah [5]: 27).

Takwa itu bermakna hati-hati, waspada, menjaga, takut. Takwa itu mentaati Allah dan tidak memaksiati-Nya, mengingat Allah dan tidak melupakan-Nya, mensyukuri nikmat Allah dan tidak mengkufuri-Nya.

Takwa itu menjalankan segala perintah Allah dan meninggalkan segala larangan-Nya.

Takwa itu tidak bisa sambil lalu, tapi ia harus sikerjakan dengan sebenar-benar takwa, sungguh-sungguh, tiada henti, never die.

Dengan takwa ini, orang-orang yang berpuasa terdidik untuk senantiasa berjihad menjalankan perintah Allah dan menjauhi segala larangan-Nya.

Dengan takwa ini, orang-orang yang berpuasa akan terbiasa untuk selalu waspada, menjaga diri, dan berhati-hati terhadap sesuatu, yakni berhati-hati terhadap rambu-rambu syariat yang telah ditetapkan Allah berupa perintah dan larangan.

Dengan takwa itu, orang-orang yang berpuasa akan berusaha menjalankan segala kewajiban dan nawafil (ibadah tambahan), serta menjauhi semua larangan dan perkara syubhat (samar-samar), mafsadat (merusak), lagha (sia-sia), dan makruh (tidak disukai).

Takwa juga menjadi wasiat abadi karena mengandung kebaikan dan manfaat yang sangat besar bagi terwujudnya kebahagiaan hidup dunia dan akhirat. Takwa pun merupakan kumpulan dari semua kebaikan dan pencegah segala kejahatan.

Dengan takwa, seorang mukmin akan mendapatkan dukungan dan pertolongan dari Allah Taโ€™ala. Seperti firman-Nya:

ุฅูู†ู‘ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูŽ ู…ูŽุนูŽ ุงู„ู‘ูŽุฐููŠู†ูŽ ุงุชู‘ูŽู‚ูŽูˆู’ุง ูˆูŽุงู„ู‘ูŽุฐููŠู†ูŽ ู‡ูู…ู’ ู…ูุญู’ุณูู†ููˆู†ูŽ

Artinya : โ€œSesungguhnya Allah beserta orang-orang yang bertaqwa dan orang-orang yang berbuat kebaikanโ€. (QS An-Nahl [16]: 128).

Dengan takwa ini pulalah kita dipandang menjadi manusia mulia di sisi Allah. Seperti firman-Nya:

ูŠูŽุงุฃูŽูŠู‘ูู‡ูŽุง ุงู„ู†ู‘ูŽุงุณู ุฅูู†ู‘ูŽุง ุฎูŽู„ูŽู‚ู’ู†ูŽุงูƒูู…ู’ ู…ูู†ู’ ุฐูŽูƒูŽุฑู ูˆูŽุฃูู†ู’ุซูŽู‰ ูˆูŽุฌูŽุนูŽู„ู’ู†ูŽุงูƒูู…ู’ ุดูุนููˆุจู‹ุง ูˆูŽู‚ูŽุจูŽุงุฆูู„ูŽ ู„ูุชูŽุนูŽุงุฑูŽูููˆุง ุฅูู†ู‘ูŽ ุฃูŽูƒู’ุฑูŽู…ูŽูƒูู…ู’ ุนูู†ู’ุฏูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุฃูŽุชู’ู‚ูŽุงูƒูู…ู’ ุฅูู†ู‘ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูŽ ุนูŽู„ููŠู…ูŒ ุฎูŽุจููŠุฑูŒ

Artinya : โ€œHai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenalโ€. (QS Al-Hujurat [49]: 13).

Maka, takwa merupakan bekal terbaik untuk menghadap Allah Subhanahu Wa Taโ€™ala. Seperti firman-Nya:

ูˆูŽุชูŽุฒูŽูˆู‘ูŽุฏููˆุง ููŽุฅูู†ู‘ูŽ ุฎูŽูŠู’ุฑูŽ ุงู„ุฒู‘ูŽุงุฏู ุงู„ุชู‘ูŽู‚ู’ูˆูŽู‰ ูˆูŽุงุชู‘ูŽู‚ููˆู†ู ูŠูŽุงุฃููˆู„ููŠ ุงู„ู’ุฃูŽู„ู’ุจูŽุงุจู

Artinya : โ€œBerbekallah, dan sesungguhnya sebaik-baik bekal adalah takwa dan bertakwalah kepada-Ku, wahai orang-orang yang berakal.โ€ (QS Al-Baqarahย  [2]: 197).

Karena itu, marilah kita jaga dan terus tingkatkan nilai takwa kita kepada Allah, kita pertahankan sampai mati, husnul khotimah dalam iman, Islam dan takwa.

Firman Allah mengingatkan kita:

ูŠูŽุงุฃูŽูŠู‘ูู‡ูŽุง ุงู„ู‘ูŽุฐููŠู†ูŽ ุกูŽุงู…ูŽู†ููˆุง ุงุชู‘ูŽู‚ููˆุง ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูŽ ุญูŽู‚ู‘ูŽ ุชูู‚ูŽุงุชูู‡ู ูˆูŽู„ุงูŽ ุชูŽู…ููˆุชูู†ู‘ูŽ ุฅูู„ุงู‘ูŽ ูˆูŽุฃูŽู†ู’ุชูู…ู’ ู…ูุณู’ู„ูู…ููˆู†ูŽ

Artinya : โ€Hai orang-orang yang beriman, bertaqwalah kepada Allah sebenar-benar taqwa kepada-Nya; dan janganlah sekali-kali kamu mati melainkan dalam keadaan beragama Islam.โ€(QS Ali-Imran [3]: 102)

Rasulullah Shallallahu โ€˜Alaihi Wasallam pun mengingatkan kta untuk selalu menjaga takwa di manapun berada dan dalam keadaan bagaimanapun juga:

ุงุชู‘ูŽู‚ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุญูŽูŠู’ุซูู…ูŽุง ูƒูู†ู’ุชูŽ ูˆูŽุฃูŽุชู’ุจูุนู’ ุงู„ุณู‘ูŽูŠู‘ูุฆูŽุฉูŽ ุงู„ู’ุญูŽุณูŽู†ูŽุฉูŽ ุชูŽู…ู’ุญูู‡ูŽุง ูˆูŽุฎูŽุงู„ูู‚ู ุงู„ู†ู‘ูŽุงุณูŽ ุจูุฎูู„ูู‚ู ุญูŽุณูŽู†ู

Artinya : โ€œBertaqwalah kamu kepada Allah di mana saja kamu berada, dan ikutilah perbuatan buruk itu dengan kebaikan, dan bergaullah dengan sesama manusia dengan akhlaq yang terpujiโ€ (HR At-Tirmidzi dari Abu Dzar Radhiyallahu โ€˜Anhu).

Dengan takwa harta kita menjadi barakah, ilmu kita menjadi manfaat, hidup kita menjadi bermakna, berbobot dan berkualitas. Dengan takwa hasil ibadah puasa Ramadhan, niscaya Allah akan mengadakan bagi kita solusi jalan keluar dari berbagai macam problematika hidup, dan dengan takwa pula Allah akan memberikan rezki kepada kita dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Sebagaimana janji-Nya:

ูˆูŽู…ูŽู†ู’ ูŠูŽุชู‘ูŽู‚ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูŽ ูŠูŽุฌู’ุนูŽู„ู’ ู„ูŽู‡ู ู…ูŽุฎู’ุฑูŽุฌู‹ุง () ูˆูŽูŠูŽุฑู’ุฒูู‚ู’ู‡ู ู…ูู†ู’ ุญูŽูŠู’ุซู ู„ูŽุง ูŠูŽุญู’ุชูŽุณูุจู ูˆูŽู…ูŽู†ู’ ูŠูŽุชูŽูˆูŽูƒู‘ูŽู„ู’ ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ููŽู‡ููˆูŽ ุญูŽุณู’ุจูู‡ู ุฅูู†ู‘ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูŽ ุจูŽุงู„ูุบู ุฃูŽู…ู’ุฑูู‡ู ู‚ูŽุฏู’ ุฌูŽุนูŽู„ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ู„ููƒูู„ู‘ู ุดูŽูŠู’ุกู ู‚ูŽุฏู’ุฑู‹ุง ()

Artinya : โ€œBarangsiapa yang bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan ke luar. Dan memberinya rezki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan (yang dikehendaki) Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatuโ€. (QS Ath-Thalaq [65]: 2-3).

Sebaliknya, tanpa takwa, isteri, suami dan anak yang kita cintai bisa berubah menjadi fitnah dan musuh, harta yang kita miliki dapat menjadi malapetaka.

Sementara pekerjaan, pangkat, dan kedudukan yang kita punyai berubah menjadi beban dosa. Di hadapan Allah tidak ada gunanya, bahkan menjadi penyesalan yang berkepanjangan. Akibat menggadaikan takwa dengan dosa, melepas takwa diganti dengan kemaksiatan. Naโ€™udzubillahi min dzalik.

Semoga kita dapat meraih gelar takwa sebagai hasil puasa Ramadhan sebulan penuh tahun ini. Aamiin Yaa Robbal โ€˜Aalamiin. (A/RS2/RI-1)

Miโ€™raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.