Rapat Kerja FOZ di Yogyakarta Bahas Pengentasan Kemiskinan dan Bencana

, MINA – Forum Zakat () mengadakan Rapat Kerja (Raker) Tahun 2020 di Yogyakarta, Rabu dan Kamis, 29-30 Januari 2020, dihadiri 40 pengurus, membahas tentang kinerja serta evaluasi FOZ satu tahun terakhir.

Ketua Forum Zakat Bambang Suherman menjelaskan, keberhasilan FOZ dalam melakukan pendampingan legalitas Lembaga Amil Zakat oleh Kementerian Agama (Kemenag) serta disusunnya dua joint protocol yakni pengentasan kemiskinan dan bencana antar LAZ.

“FOZ telah membantu 51 lembaga anggota dengan menjalin kolaborasi program dalam sektor pendidikan, kesehatan, ekonomi, dakwah dan sosial. Sebanyak 64 program dan nilai dana kolaborasi sebesar sekitar 38 miliar,” kata Bambang sebagaimana keterangan pers yang diterima MINA, Rabu (29/1).

Ia menjelaskan, pendekatan kolaborasi tidak hanya melalui pendekatan wilayah namun juga pendekatan isu.

“Sehingga memungkinan kolaborasi terjalin secara kuat di banyak wilayah dalam waktu yang bersamaan dengan satu isu yang sama,” ujar Bambang.

Menurutnya, Kolaborasi yang dilakukan juga berbanding lurus dengan pengembangan kapasitas yang rutin dilakukan Forum Zakat melalui Sekolah Amil Indonesia (SAI) dan pelatihan berkala di setiap FOZWIL yang dibarengi dengan sertifikasi amil.

“Sepanjang tahun 2019, SAI mengadakan 20 pelatihan amil di lima daerah dengan melibatkan 125 anggota LAZ serta memberikan manfaat pada 687 amil sebagai peserta. SAI juga melakukan sembilan uji sertifikasi yang menghasilkan 218 amil tersertifikasi oleh BNSP,” pungkas Bambang.

Sementara itu, Sekertaris Jenderal FOZ Nana Sudiana mengatakan, kerja-kerja kolaboratif dan konstruktif yang rutin dilakukan FOZ harapannya dapat terikat dalam tulisan-tulisan yang akan dijadikan buku agar dapat diwariskan untuk generasi selanjutnya. (R/R8/R1)

Mi’raj News Agency (MINA)