Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ratusan Hektar Lahan Gambut di Muaro Jambi Terbakar

Insaf Muarif Gunawan Editor : Rudi Hendrik - Kamis, 29 Agustus 2024 - 11:53 WIB

Kamis, 29 Agustus 2024 - 11:53 WIB

24 Views

Petugas Satgas Karhutla melakukan upaya pemadaman lahan terbakar di Desa Rantau Panjang, Muaro Jambi, (28/8/24 (Foto. Satgas Karhutla Jambi)

Jambi, MINA – Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) ratusan atau 927 hektar lahan gambut terjadi di Desa Rantau Panjang, Kecamatan Kumpeh, Kabupaten Muaro Jambi, Jambi. Kebakaran ini sebagian besar terpantau di lahan gambut dengan kedalaman 100-200 cm.

Askarinta Adi, Koordinator Divisi GIS Komunitas Konservasi Indonesia (KKI) Warsi mengatakan, hingga Kamis (29/8) tim Karhutla masih melakukan pemadaman.

Dari analisis citra satelit sentinel 2, pantauan satelit NOAA, titik panas di wilayah ini mulai tampak pada tanggal tanggal 25 Agustus. Titik panas makin banyak terlihat di tanggal 26 Agustus. Pada tanggal 27 Agustus 2024, kobaran lidah api terpantau satelit sentinel 2.

“Kita melakukan pemantauan sejak beberapa hari ini, apakah titik panas dari satelit NAOO, menggambarkan lahan kebakaran yang terlihat di satelit sentinel 2, kita tunggu tangkapan citra satelit yang baik, dan di tanggal 27 Agustus, terpantau memang ada kobaran api yang melanda wilayah itu,” kata Aska.

Baca Juga: Gunung Marapi Sumbar Erupsi, Tinggi Abu Capai 300 Meter

Aska menjelaskan, jika dilihat dari tangkapan citra ini, kebakaran di wilayah ini masih berkemungkinan meluas, karena lidah apinya masih terus bergeser ke arah utara, memasuki perbatasan Muaro Jambi dan Tanjung Jabung Timur. Bahkan kebakaran ini sudah meluas meliputi tiga desa yakni, Rantau Panjang, Rondang, dan Londrang.

KKI Warsi melihat jika arah angin ke selatan, kemungkinan api akan cepat ditanggulangi, karena berbatasan langsung dengan Sungai Batanghari. Kebakaran ini juga diduga menjadi penyebab kabut asap yang menyelimuti Jambi, Rabu (28/8).

“Kita berharap Satgas Karhutla dan para pihak yang tengah berupaya memdamkan api ini mampu mengendalikan api dan mengembalikan langit biru kita, apresiasi setingginya untuk para petugas,” kata Aska.

Sementara itu, Kaur Pensat Bidang Humas Polda Jambi Kompol Erwandi mengatakan bahwa saat ini petugas Karhutla masih berupaya melakukan proses pemadaman. Namun, dari dari data yang dihimpun sementara dari versi Satgas Karhutla luas kebakaran lahan hanya 80 hektare.

Baca Juga: Erick Tohir Ancam Sanksi Berat Pengatur Skor di PON Aceh-Sumut

“Yang sedang berlangsung di Desa Rantau Panjang sekitar 80 hektare. Sampai kini tim Karhutla masih melakukan upaya pemadaman,” ujarnya. []

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Baca Juga: Libur Panjang, Jalur Puncak Macet Parah

Rekomendasi untuk Anda

Indonesia
Indonesia
Indonesia
Indonesia