Ratusan Pemukim Yahudi Lakukan Ritual Talmud di Halaman Masjidil Aqsa

Al-Quds, MINA – Departmen Wakaf Islam di Al-Quds (Jerusalem Timur) menyebut, ratusan pemukim Yahudi Israel kembali melakukan aksi penyerbuan ke Masjidil Aqsa, Selasa (20/4), kemudian melakukan ritual Talmud di kawasan pelataran bagian timur.

Departemen Wakaf menyebut, sebanyak 261 orang pemukim yahudi, termasuk 205 mahasiswa yahudi menggeruduk pelataran Masjid Al-Aqsa, mereka berkeliling secara provokatif dengan perlindungan pasukan pendudukan, Palinfo melaporkan.

Di sisi lain, pasukan pendudukan Israel menerapkan aturan ketat bagi warga Palestina yang hendak masuk Masjidil Aqsa, baik dari Al-Quds maupun wilayah Palestina 48, dengan menahan identitas mereka di pintu bagian luar masjid.

Sejak menduduki Kota Al-Quds pasca perang Arab, Juni 1967, Zionis mengambil kendali Kota Suci itu, baik dari sisi administrasi maupun keamanan.

Tidak hanya itu, Israel juga berupaya mengambil kendali Masjidil Aqsa dengan mengijinkan para pemukim yahudi memasuki pelatarannya dua kali dalam sehari, sebagai upaya mengubah peta demografi dan geografi Al-Quds.

Oleh karena itu, warga Al-Quds terus bahu-membahu mempertahankan eksistensi Palestina di Kota Suci tersebut, termasuk bersiaga menjaga Masjidil Aqsa, meski harus menjadi korban penangkapan, deportasi dan pengusiran. (T/R5/RS2)

Mi’raj News Agency (MINA)