Ratusan Peserta Ikuti Longmarch Solidaritas di Depan Kedutaan Palestina

Massa dari Aqsa Working Group (AWG) menggelar longmarch Aksi Solidaritas untuk Palestina dari Tugu Proklamasi hingga Kantor Kedutaan Besar Palestina di Jakarta, Senin (29/5/2023). (Foto: Abdullah/MINA)

Jakarta, MINA – Massa dari Aqsa Working Group (AWG) melakukan aksi solidaritas untuk dengan menggelar longmarch hingga pengibaran bendera Indonesia dan Palestina, serta penyampaian orasi dan puisi di Halaman Kedutaan Besar Palestina di Jakarta, Senin (29/5).

Dalam tersebut, AWG mengecam pertemuan khusus Kabinet Pemerintahan Benjamin Netanyahu yang digelar hari Ahad (21/5/2023), untuk memperingati “Hari Yerusalem” di sebuah situs arkeologi dekat kawasan utama Tembok Ratapan, yang merupakan kawasan Masjid Al-Aqsa, situs tersuci ketiga bagi ummat Islam.

Sejak Israel merebut kawasan itu pada tahun 1967, Yahudi diizinkan datang, tetapi tidak untuk beribadah di sana. Dalam kesempatan itu, PM Israel Benjamin Netanyahu menegaskan klaim atas seluruh Yerusalem, yang dipandangnya sebagai ibu kota abadi dan tidak terbagi.

Aksi damai tersebut digelar dengan menggelar Longmarch Solidaritas Palestina, dimulai dari Tugu Proklamasi hingga Kedutaan Besar Palestina di Jakarta.

Sementara puncak aksi dirangkai dengan pengibaran bendera Indonesia dan Palestina, serta penyampaian sambutan, orasi, dan pembacaan puisi di Halaman Kedutaan Besar Palestina jakarta.

Turut hadir menyampaikan sambutan, yakni Duta Besar Palestina untuk Indonesia, HE. Dr. Zuhair SM Al-Shun, KH. Yakhsyallah Mansur, M.A (Pembina Utama Aqsa Working Group), dan Dubes Bunyan Saptomo (Ketua Komisi Hubungan Luar Negeri dan Kerjasama Internasional MUI).

Sementara orasi dan Pembacaan statement AWG akan disampaikan Muhammad Anshorullah, Presidium Aqsa Working Group (AWG).

Selain itu, orasi solidaritas Palestina juga disampaikan oleh dr. Sarbini Abdul Murad; Presidium MER-C, Astrid Nadya Rizqita, President OIC Youth Indonesia; Onny Firyanti Hamidy, Ketua Maemuna Center; Ali Farhan Tsani, Duta Al-Quds; Sakuri., SH., Pembina Ukhuwah Al-Fatah Rescue (UAR)

Aqsa Working Group (AWG) adalah suatu lembaga yang dibentuk dalam rangka mewadahi dan mengelola upaya kaum muslimin untuk pembebasan Masjid Al-Aqsa dan membantu perjuangan rakyat Palestina.

AWG didirikan oleh komponen umat yang hadir dalam Al-Aqsha International Conference yang diselenggarakan di Wisma Antara pada tanggal 20 Sya’ban 1429H/ 21 Agustus 2008 di Jakarta. (L/P2/R1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Widi Kusnadi

Editor: Rudi Hendrik

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.