Ratusan Ribu Siswa Madrasah Aliyah Ujian Nasional 4 April

Ilustrasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). (foto: smkm-pagaralam)
Ilustrasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (). (foto: smkm-pagaralam)

Jakarta, 19 Jumadil Akhir 1437/29 Maret, 2016 (MINA) – Lebih dari 410 ribu siswa Madrasah Aliyah (MA) siap mengikuti Ujian Nasional (UN) yang akan berlangsung 4-6 April 2016, pada Senin pekan depan.

“Ujian Nasional MA Tahun 2015/2016 akan diikuti oleh  410.531 peserta didik, dari tanggal 4  sampai 6 April, Adapun untuk UN MA susulan, akan dilaksanakan dari 11 – 13 April yang akan datang,” kata Direktur Pendidikan Madrasah M. Nur Kholis Setiawan, di Jakarta, Selasa (29/3).

Dalam siaran pers yang diterima Mi’raj Islamic News Agency (MINA) dari Kementerian Agama RI, Nur Kholis menambahkan, UN 2016 tidak menjadi dasar kelulusan. Sebab, kelulusan sepenuhnya ditentukan oleh satuan pendidikan, atau tempat ia bersekolah.

UN bertujuan menilai pencapaian kompetensi lulusan secara nasional pada mata pelajaran tertentu. Artinya, hasil UN akan digunakan sebagai bahan pemetaan mutu program dan atau satuan pendidikan, pertimbangan seleksi masuk masuk jenjang perguruan tinggi, serta dasar pembinaan dan pemberian bantuan kepada satuan pendidikan dalam upaya peningkatan mutu pendidikan.

Mata pelajaran yang diujikan pada UN MA di antaranya Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, dan mata pelajaran sesuai jurusan. Untuk jurusan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), mata pelajaran yang diujikan meliputi Biologi, Fisika, dan Kimia. Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) meliputi Ekonomi, Sosiologi, dan Geografi.

Sedangkan untuk jurusan Bahasa dan Budaya, mata pelajaran yang diujikan adalah Sastra Indonesia/Bahasa dan Sastra Indonesia, Antropologi, dan Bahasa Asing (Bahasa Arab, Jepang, Jerman, Perancis, dan Mandarin).

“Untuk jurusan Keagamaan, mata pelajaran yang diujikan adalah Tafsir, Hadis, dan Fikih,” jelas Nur Kholis.

85 Madrasah Aliyah Ikuti UN Berbasis Komputer

Sejak 2015, Pemerintah menyelenggarakan dua jenis UN untuk siswa sekolah dan madrasah di Tanah Air, yaitu  Ujian Nasional Berbasis Kertas/Paper Based Test (PBT) dan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). UN yaitu ujian nasional secara manual dengan menggunakan kertas. Sedang UNBK  adalah ujian nasional secara online/semi online dengan menggunakan perangkat komputer.

UNBK tahun ajaran 2014/2015 hanya diikuti oleh 6 madrasah saja. “Pada tahun pelajaran 2015/2016, dari total madrasah sebanyak  7.260 lembaga yang terdiri dari 759 Madrasah Aliyah Negeri (MAN) dan 6501 Madrasah Aliyah Swasta (MAS), sebanyak 85 MA yang melaksanakan UNBK,”  terang Nur Kholis.

“Tahun depan madrasah pelaksana UNBK diprediksi  meningkat karena madrasah-madrasah sedang membenahi sarana dan perangkatnya,” tambahnya. Pelaksanaan UNBK tingkat MA akan berlangsung dari 4 – 7 April dengan pelaksanaan ujian susulan pada 11 – 12 April 2016. (T/M09/P001)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: habibi

Editor: Rudi Hendrik

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.