Ratusan Umat Islam Gelar Shalat Jumat di Pusat Kota Melbourne

Ratusan umat Islam melaksanakan shalat Jumat di Federation Square, alun-alun Kota Melbourne, Australia, pada 12 April 2019. Tampak nama-nama korban serangan teror di Christchurch ditampilkan melalui proyektor ke dinding gedung di sekitar lokasi. (Foto: ABC News/Farid M. Ibrahim)

, MINA – Tepat empat pekan setelah serangan teror terhadap jamaah masjid di Christchurch, Selandia Baru, ratusan umat Islam menggelar (12/4) di Federation Square, Melbourne.

Ibadah wajib pekanan umat Islam itu dimulai tepat pukul 1 siang di alun-alun pusat kota Melbourne dengan cuaca yang cerah di musim gugur yang sedang berlangsung saat ini.

Penyelenggara menyebutkan, salah satu tujuan untuk menggelar shalat Jumat di lapangan terbuka adalah untuk menunjukkan solidaritas terhadap para korban tewas dalam serangan teror di masjid Christchurch, Selandia Baru.

Acara ini juga merupakan bagian dari Salam Fest yang merayakan seni, budaya, dan kuliner Islam kontemporer yang akan digelar akhir pekan ini (13-14 April 2019).

Dari pengamatan ABC Indonesia, ratusan orang mulai mendatangi lokasi yang berseberangan dengan stasiun utama di kota itu, sekitar setengah jam sebelumnya.

Seorang warga asal Pakistan, Abdulrahim Ahmad yang ditemui di lokasi mengatakan, ia ikut shalat Jumat di Federation Square karena ingin menjadi bagian dari apa yang disebutnya “peristiwa bersejarah”.

“Saya biasanya shalat Jumat di kampus Melbourne University, tetapi karena tidak biasanya dilakukan di tempat ini, maka saya pun datang. Saya ingin jadi bagian dari peristiwa bersejarah,” katanya seraya menambahkan, istri dan seorang anaknya yang masih kecil juga turut hadir.

Khatib Ramzi Elsayed dalam khutbahnya menyerukan umat Islam di Melbourne agar lebih meningkatkan kontribusinya kepada masyarakat luas dan tidak hanya terbatas pada sesama Muslim.

Ia mengajak umat Islam untuk juga tetap bersyukur, karena terlepas dari peristiwa mematikan tanggal 15 Maret di Christchurch, faktanya umat Islam bisa menggelar salat berjamaah di alun-alun Kota Melbourne.

Posisi Federation Square berada di seberang stasiun utama Flinders Street Station menjadikannya sebagai ruang publik yang sering menggelar berbagai aktivitas kemasyarakatan dari beragam budaya.

Salat Jumat sudah digelar kedua kalinya di alun-alun kota Melbourne, setelah tahun lalu juga digelar menjelang Salam Fest.

Di Federation Square, masyarakat Indonesia juga secara rutin menggelar upacara pengibaran bendera dan perayaan HUT Proklamasi 17 Agustus. (R/R01/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.